Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Zat Gizi Dan Nutrisi Pada Pakan Ayam Kampung

Lintas Ternak – Apakah anda budidaya ayam kampung ? Salah satu hal yang harus anda perhatikan ialah nutrisi pada pakan ayam kampung.Nutrisi pada pakan haruslah tercukupi,agar ayam kampung yang anda ternak bisa tumbuh dengan baik.Hal ini banyak diabaikan oleh para peternak ayam kampung pemula.Masih banyak dari mereka yang mempersembahkan pakan tanpa memperhatikan kandungan nurisi didalamnya.Dibawah ini hal-hal yang perlu anda perhatikan terkena nutrisi pada pakan :

1.Nutrisi lengkap namun jumlahnya kurang

Artinya pakan yang komplit namun didiberikan tidak sesuai dengan porsinya,maka ayam tetap akan tumbuh tidak baik (kurus).Karena ayam kampung spesialuntuk makan sedikit secara terus-menerus setiap hari.

2.Nutrisi pada ransum pakan akan terbaik bila ditopangoleh nutrisi yang lain

Artinya bila protein tinggi dalam pakan tidak akan mempunyai kegunaan bila ditambah dengan zat karbohidrat ,serat,lemak dan air.

3.Kekurangan nutrisi ayam akan mencari sendiri

Artinya ayam yang dikandangkan akan kemana bila akan mencukupi kebutuhan nutrisi yang tidak terdapat pada pakan ? Akibatnya ayam akan bertingkah ibarat mematuk kandang,mengkais tanah dan lebih parah lagi kanibal (memakan kawannya).Jika itu masih kurang ayam akan makan apa saja yang dijumpai.(Hal ini sangat rentan dengan penyakit) alasannya ialah pakan yang dimakan belum tentu steril.

4.Protein itu gotong royong ialah inti

Memang pakan yang mengandung protein tinggi belum tentu jaminan menambah berat tubuh ayam.Banyak para peternak tidak mempersembahkan protein spesialuntuk mempersembahkan serat ibarat jagung,bekatul dan dedaunan.Hal ini salah besar ayam tetap membutuhkan protein hewani dan tumbuhan.

 Salah satu hal yang harus anda perhatikan ialah nutrisi pada pakan ayam kampung Pentingnya Zat Gizi dan Nutrisi Pada Pakan Ayam Kampung

Sedangkan pemahaman wacana pentingnya nutrisi bagi pertumbuhan ,perkembangan dan kesehatan ayam dibutuhkan untuk menyusun pakan.Berikut ialah zat gizi yang dibutuhkan ALPU dalam materi pakan.

1.Mineral

Mineral ialah materi essensial yang harus tersedia didalam pakan dengan imbangan yang sesuai .Kebutuhan mineralnya ialah sebagai diberikut :

a.)Garam ,sperti sodium dan klor
b.)Mikromineral ibarat seng,besi,selenium dan magnesium
c.)Makromineral ibarat kalsium dn fosfor

2.Kebutuhan Vitamin

Pada umunya vitamin pada pakan ayam kampung berbentuk sintetis.Zat tersebut berfungsi sebagai koenzim untuk menunjang kegiatan metabolisme sehingga bisa untuk menghasilkan produktivitas terbaik.Sama ibarat jenis unggas yang lain ,ALPU membutuhkan aneka macam macam jenis vitamin didalam pakan,sebagai diberikut :

a.)Water soluble (vitamin yang larut didalam air),misalnya vitamin B (riboflavin dan biotin) dan C.
B.)Fat soluble (vitamin yang larut dalam lemak),yaitu vitamin D3,vitamin A,vitamin K DAN vitamin E.

3.Kebutuhan Protein

Biasanya pakan unggas, termasuk ALPU, dikenal dengan kandungan protein bergairah (crude protein). Sumber utama protein nabati untuk pakan ALPU ialah kacang kedelai dan jenis biji-bijian lainnya. Sementara itu, protein hewani berasal dari tepung daging, limbah ternak, dan tepung ikan. Protein asal hewani mengandung asam amino yang lebih baik dibandingkan biji-bijian, tetapi relatif lebih mahal. Untuk unggas, dikenal terdapat 10 asam amino esensial, di antaranya yang paling penting ialah metionin, lisin, triptofan, dan treonin.

4.Kebutuhan Lemak (Fat)

Lemak ialah materi nutrisi ALPU yang tergolong penting sebagai penyedia energi dan harus tersedia dalam pakan. Namun, lemak tidak terlalu esensial. contohnya ialah asam linoleat. Lemak juga berfungsi untuk mengurangi sifat berdebu pakan (dustiness). Sumber lemak di dalam pakan ALPU sanggup berasal dari lemak binatang (animal fat) maupun lemak tumbuhan (vegetable oils). Biasanya sumber lemak hewani murah dan praktis di dapat. Namun, lemak tersebut sanggup mengganggu pencernaan, khususnya pada ALPU periode pertumbuhan bila tidak dipakai dengan tepat.

5.Kebutuhan Energi

Energi ialah materi nutrisi yang susah diukur, tetapi sangat penting dan relatif mahal. Konsep ketersediaan energi dalam pakan ALPU ialah bila kandungan energi terlalu tinggi (high energy ration), akan menjadikan menurunnya jumlah konsumsi (low feed intake). Sebaliknya, pakan dengan kandungan energi yang rendah (low energy ration) akan dikonsumsi lebih banyak (high feed intake).Pakan ayam kampung mengandung sumber energi antara lain jagung,polar,onggok dll.

Demikianlah uraian singkat kandungan gizi dan nutrisi pada pakan ayam kampung.Semoga artikel diatas sanggup mempersembahkan wawasan anda tenatng kandungan gizi dan nutrisi pada pakan ayam.Jika hal itu tercukupi dengan baik,maka ayam kampung yang akan anda ternak akan tumbuh dengan baik.Alhasil pguan anda akan melimpah.Semoga bermanfaa.

Post a Comment for "Pentingnya Zat Gizi Dan Nutrisi Pada Pakan Ayam Kampung"