Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Dan Cara Mengatasi Kayu Aquascape Berlendir Paling Ampuh

Kayu aquascape berlendir- Salah satu permasalahan yang sering dialami oleh seorang aquascaper yaitu kayu mengeluarkan lendir berwarna putih. Memang bukan kasus besar, tapi cukup meresahkan pikiran dan kalau dibiarkan sanggup mempersembahkan imbas jelek pada air atau seluruh ekosistem yang ada di dalam akuarium.

Untuk itu siapapun yang mendapati kayu Aquascape berlendir harus segera diatasi, tidakboleh berlarut larut dibiarkan. Di sini hobinatang.com punya tips ampuh mengatasi lendir pada kayu beserta penyebabnya. Silakan disimak dan dipraktekkan:

Kayu Aquascape Berlendir? Berikut Penyebab dan Teknik Mengatasinya


Banyak pertanyaan dari kawan-kawan di grup, "Om kenapa kayu di dalam Aquascape saya berlendir bagaimana solusinya?" atau "Mas bagaimana cara mengatasi kayu aquascape yang berlendir dan tumbuhan yang berlendir?" dan masih banyak lagi pertanyaan serupa di grup. Berikut jawabanan terkena kasus kayu pada aquascape berlendir putih.

1. Penyebab Kayu Aquascape Berlendir


 Salah satu permasalahan yang sering dialami oleh seorang aquascaper yaitu kayu mengeluar Penyebab dan Teknik Mengatasi Kayu Aquascape Berlendir Paling Ampuh

Kayu berlendir memang merepotkan tapi ketahuilah sebetulnya keluarnya lendir pada kayu diakibatkan alasannya yaitu kesalahan kita sendiri. Sesudah menerima kayu atau membeli kayu kadang para pemula pribadi memasukkan ke dalam akuarium, padahal kandungan kambium atau tanin yang terdapat pada batang kayu belum hilang. Sesudah itu tidak usang kemudian keluar lendir putih menyerupai gambar di atas.

Dari pernyataan di atas sanggup kita simpulkan bahwa penyebab utama mengapa kayu aquascape berlendir yaitu alasannya yaitu zat kambium atau getah (tanin) yang ada pada batang akar kayu. Kambium sendiri ialah lapisan jaenteng meristematik yang ada pada tumbuhan, biasanya zat tersebut ada pada batang dan akar.

Maka tidak heran kalau di dalam air terlihat putih menyerupai lendir yang menjijikan, sebagian orang menyebutnya alga. Selain alasannya yaitu tanin, kadang kayu yang tidak terawat, tank yang jarang dikuras akan ditumbuhi alga atau lumut. Tentu saja akan merugikan ekosistem sekitarnya.

Nah pada poin di bawah ini saya sudah menulis langkah-langkah semoga kayu aquascape anda tidak keluar lendir beserta cara mencegahnya.

2. Teknik Mengatasi Kayu Aquascape yang Berlendir


 Salah satu permasalahan yang sering dialami oleh seorang aquascaper yaitu kayu mengeluar Penyebab dan Teknik Mengatasi Kayu Aquascape Berlendir Paling Ampuh

Menghilangkan lendir pada kayu aquascape itu sangatlah gampang. Kami akan mempersembahkan langkah-langkah ampuh menurut pengalaman kawan-kawan di grup dan para master yang baik hati hehe

a). Merebus kayu yang gres dibeli atau yang sudah dihinggapi lendir


Buat kalian yang gres membeli atau menerima kayu akar sebaiknya tidakboleh pribadi dimasukkan ke dalam tank, tapi direbus lampau semoga kandungan zat kambiumnya hilang. Sesudah direbus tidakboleh pribadi dimasukkan, tapi masih ada langkah yang paling penting yaitu direndam ke dalam air kemudian disikat pakai sikat gigi biar akibatnya terbaik. Memang harus sabar sih.

Apabila kayunya sudah terlanjur berada di dalam tank dan mengeluarkan lendir sebaiknya diambil kayunya dan direndam supaya pribadi hilang. Karena direbus ialah cara paling instan untuk menghilangkan zat-zat kambium tersebut. Kadang ada yang menyarankan dijemur saja, tapi bagiku itu kurang terbaik. Meskipun hilang mungkin tidak usang lagi muncul taninnya.

b). Didiberi algae eater (binatang pemakan alga)


Kalau kalian tidak ingin merebus kayunya, kalian sanggup membeli ikan, udang atau keong yang bertugas memmembersihkankan alga. Rekomendasi kami belilah ikan Molly atau Platy. Menurut pengalaman ikan molly doyan banget sama tanin. Memang populer efektif memmembersihkankan selaput lendir pada batang akar aquascape dan alga pada tanaman.

Tapi biar lebih terbaik akibatnya direbus kayunya, direndam kemudian dikasih ikan alga eater. Saya yakin, lendir tersebut akan hilang selamanya, yang penting perawatannya bagus. Oh ya, ikan pemakan alga bukan cuma molly dan platy tapi ada juga ikan otocinclus, ikan SAE (siamese algae eater), udang RCS (red cherry shrimp) dan lain-lain, untuk mengetahui jenis alga eater lainnya silahkan baca: 12 algae eeater untuk aquascape yang ampuh

3. Tips Mencegah Agar Kayu Aquascape Tidak Mengeluarkan Lendir


 Salah satu permasalahan yang sering dialami oleh seorang aquascaper yaitu kayu mengeluar Penyebab dan Teknik Mengatasi Kayu Aquascape Berlendir Paling Ampuh

Pencegahan paling ampuh semoga selaput lendir yaitu dengan memdiberi ikan pemmembersihkan akuarium, namun selain itu kalian juga harus rutin menguras aquascape/water change minimal 3 hari sekali sebanyak 30%. Saya jamin, lendirnya tidak muncul lagi.

Baca juga: 10 Jenis Kayu Aquascape yang Sering Digunakan dan cepatdangampang Didapat

Nah itulah cara sempurna mengatasi kayu aquascape berlendir. Semoga goresan pena kami bermanfaa buat anda yang sedang mengalami kasus ini. Silahkan tulis komentar kalau ada pertanyaan terkait aquascape.

Post a Comment for "Penyebab Dan Cara Mengatasi Kayu Aquascape Berlendir Paling Ampuh"