Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Utama Lovebird Sulit Bertelur

Lovebird ialah satu binatang yang monomorfik seksual, dengan sifat itu terkadang kita sering sekali terkecoh dalam membedakan antara pejantan dan betina. Antara pejantan dan betina memang 90% mirip, dan yang membedakan keduanya spesialuntuklah jenis kelabuinnya dan beberapa corak warnanya saja.

Lucu memang, tapi pada kenyataanya memang terjadi kesalahan dalam membedakan mana yang jantan dan mana yang betina (baca: cara membedakan lovebird jantan dan betina). Kasus menyerupai ini memang sering terjadi dan salah satu penyebab utama mengapa burung ini susah untuk bertelur. Akan tetapi selain hal ini ternyata ada hal lain yang membuat burung ini susah untuk bertelur, apakah itu?

Lovebird ialah satu binatang yang monomorfik seksual Penyebab Utama Lovebird Sulit Bertelur

Penyebab Utama Lovebird Sulit Bertelur 
Ternyata selain salah membedakan jenis kelabuin antara jantan dan betina, ada beberapa penyebab lain yang membuat sang betina susah untuk bertelur.

Adapun penyebab lovebird susah untuk bertelur ialah sebagai diberikut:

1. Usia betina 
Lovebird muda tidak akan mengasilkan telur sebab Ia masih belum siap untuk bertelur, ya jikalau Anda menjodohkan indukan yang masih muda maka sangat kecil kemungkinan betina tersebut mempunyai telur. Jika Anda ingin betina yang cepat bertelur maka pilihlah betina dengan usia yang matang, usia tersebut sekitar 10 bulan untuk yang jenis non klep dan 1 tahun untuk yang jenis klep. Untuk mempunyai telur betina memang harus mempunyai usia yang matang, jadi jikalau Anda ingin mengambil calon indukan betina maka pilihlah betina dengan umur yag matang menyerupai di atas.

2. Jenis betina 
Anda dapat pilih lovebird jenis klep dan non klep sebagai betina, jenis ini sangat memungkinkan untuk bertelur. Akan tetapi Anda tidakboleh pernah sekali-kali mengawinkan indukan jantan Anda dengan betina yang berjenis semi klep, kenapa? sebab betina jenis ini mempunyai sifat mandul atau infertil. Makara jikalau Anda mengawinkan pejantan Anda dengan betina jenis ini maka akan sangat mustahil akan menghasilkan telur, akan tetapi Anda dapat mengganti jenis betina tersebut dengan jenis klep atau pun jenis non klep semoga dapat menghasilkan telur.

Solusi lain:
Berikan OrBird pada indukan lovebird, sebab vitamin ini sangat bermanfaa dalam membuat burung semakin produktif.

Kedua penyebab diatas ialah penyebab utama mengapa indukan betina dari burung ini tidak dapat menghasilkan telur. Namun jikalau Anda ingin betina burung Anda mempunyai telur maka hindarilah penyebab diatas, selain itu bijaklah dalam menentukan indukan sebab indukan sangat kuat pada kualitas anaknya kelak.

Post a Comment for "Penyebab Utama Lovebird Sulit Bertelur"