Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menjaga Kualitas Murai Batu

Murai Batu ialah salah satu burung kontes, maka dari itu Ia harus mempunyai stamina, kualitas bunyi (download: suara murai batu), dan kesehatan yang baik. kerena kalau seujung Murai tidak mempunyai hal-hal tersebut, maka bisa dipastikan bahwa Murai tersebut tidak akan menjuari lomba (baca: cara merawat murai kerikil sebelum lomba).

Lalu kalau bisa dipastikan tidak juara, masihkah Anda berniat untuk mengikutsertakan Murai tersebut? Atau Anda perbaiki dan menjaga kualitas Murai tersebut biar menjuarai kontes? Tentu Anda ingin menjaga kualitasnya bukan? Lalu adakah cara untuk menjaga skill beserta kualitas burung ini? Ada, untuk lebih jelasnya simak klarifikasi diberikut.

Murai Batu ialah salah satu burung kontes Tips Menjaga Kualitas Murai Batu

Tips dan Teknik Menjaga Kualitas Murai Batu
Sebagai seorang breeder atau pemilik Murai, tentu barang wajib untuk menjaga kualitas binatang peliharaanya bukan? Tidak spesialuntuk menjaga kualitas skill, seorang breeder juga harus menjaga kualitas kesehatan Murai.

Adapun cara menjaga kualitas burung Murai Batu yang dimaksud ialah sebagai diberikut:

1. Menjaga mental Murai
Untuk menjaga kualitas Murai biar selalu baik, Anda harus menjaga mentalnya. Sedangkan untuk menjaga mental tersebut Anda bisa melaksanakan hal-hal menyerupai diberikut:

a. Saat Murai gres tamat ngurak, sebaiknya tidakboleh bawa burung tersebut ke lapangan.
b. Jangan lakukan trek ketika Murai gres tamat mabung.
c. Untuk burung Murai yang masih muda, sebaiknya tidakboleh terlalu sering diadu. alasannya ialah hal itu akan menjadikan mental yang down. Alangkah baiknya Anda laga Murai ini dengan Murai yang mempunyai kualitas yang sama.

2. Menjaga fisik Murai
Tips menjaga kualitas Murai diberikutnya ialah dengan menjaga kondisi fisik Murai. adapun cara-caranya ialah sebagi diberikut:

a. Melakukan proses mandi setiap 2 hari sekali, dan melaksanakan proses penjemuran selama 1 -2 jam sehari.
b. Selain melatih skill, Anda juga harus menjaga asupan nutrisi dan masakan Murai. Anda bisa mempersembahkan Voer sebagai pakan utama, sedangkan untuk menambah nutrisi burung Murai Anda bisa menambahkan beberapa extra food menyerupai jangkrik dan kroto setiap harinya.
c. Anda harus menyesuaikan situasi, pakan, dan sangkar biar senantiasa nyaman dan baik untuk Murai.
d. diberikan multivitamin OrBird yang efektif untuk menjaga daya tahan badan burung.

3. Menjaga kemembersihkanan sangkar Murai
Dalam menjaga kualitas Murai Batu, Anda pun perlu merawat kemembersihkanan dari sangkar burung ini. Adapun hal yang harus dilakukan untuk menjaga kemembersihkanan sangkar ialah sebagai diberikut:

a. Menjaga kemembersihkanan sangkar setiap hari dari kotoran.
b. Menjaga kemembersihkanan kredong dengan cara mencucinya.
c. Sesudah masukang dicuci, sebaiknya Anda lanjutkan dengan menjemurnya untuk menjaga masukang biar terbebas dari jamur dan kuman.

Selain tiga hal di atas, Anda juga perlu menjaga isian bunyi Murai Batu. Karena dengan cara ini Murai akan mempunyai kualitas suara. Tidak spesialuntuk itu, cara ini juga memmenolong Murai untuk mempunyai variasi bunyi yang lebih banyak, alasannya ialah mengingat Murai juga bisa menirukan bunyi binatang ataupun burung lain.

Post a Comment for "Tips Menjaga Kualitas Murai Batu"