Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Simpel Menentukan Bibit Ayam Kampung Petelur Berkualitas

Lintas Ternak Tips Mudah Memilih Bibit Ayam Kampung Petelur Berkualitas - Salah satu kunci sukses dalam menjalankan perjuangan ayam kampung yaitu pemilihan bibit yang tepat.Sebelum anda mencari bibit ayam kampung harus ditentukan terlebih lampau perjuangan yang akan anda jalani.Apakah tujuannya untuk ayam kampung petelur atau ayam kampung pedaging ? Apabila anda menentukan terlebih lampau tujuan anda,maka bisa-bisa anda salah menentukan bibit.Kali ini kita akan mengulas cara teat menentukan bibit ayam kampung petelur.

Dalam perjuangan menjalankan bisnis ayam kampung petelur,khususnya bibit bietina harus anda perhatikan.Jangan gunakan bibit afkir yang sudah berkurang produktivitasnya,agar anda sanggup meminimalisir kerugian.Nah pertanyaannya Bagaimana Teknik Mendapatkan Bibit Ayama Petelur Unggul ? Perhatikan dibawah ini :

Teknik Memilih Bibit Ayam Betina Petelur


1. Pilihlah ayam kampung betina yang sudah berusia minimal 5 bulan dan mempunyai bobot 1,2 – 1,50 kg dengan tubuh besar dan bab dada lebar.

2. Anda sanggup menentukan ayam kampung betina dari jenis ayam unggul menyerupai ayam nunukan,ayam kedu,ayam sentul dan ayam arab.Jenis ayam tersebut sudah dikenal semenjak usang yaitu mempunyai kelebihan dalam hal produktifitas telur yang tinggi dibandingkan jenis aym lainnya.

3.Nah faktor ini sangat penting,perhatikan jarak antara tulang pubis dengan tulang dada (4-5 jari.Teknik ini sangat manjur untuk menyeleksi bibit ayam betina petelur.

4.Pilihlah ayam betina yang kondisi fisiknya masih bagus,seperti mata terang,pandangan tajam,kepala halus,akup kuat,paruh pendek dan membersihkan,bulu mengkilap dan jengger serta pial tidak kasar.

Walaupun ayam betina memagang peranan sangat penting untuk mempoduksi telur,namun anda tidakboleh lupa kiprah ayam jantan yang bertugas untuk membuahi sel telur ayam betina.melaluiataubersamaini menentukan pejantan aym kampung yang elok tentu hasil produktifitas telur akan berkarakter baik.


Teknik Memilih Ayam Pejantan yang Berkualitas


1.Pilihlah pejantan dengan usia minimal antara 8 – 12 bulan dengan bobot 1,5 – 2,25 kg.

2.Sesuaikan pilihan ayam jantan dengan tujuan anda.Untuk produksi ayam pedaging sanggup memakai ayam bangkok atau ayam pelung.Sedangakan untuk petelur sanggup memakai ayam arab maupun ayam kedu.

3.Pilihlah ayam jantan dengan kondisi fisik yang masih bagus,misalnya tulang kokoh,tulangan kaki tegak,jari-jari terbuka lebar,sisik kaki teratur,taji sanggup runcing,kecil maupun sebesar biji jagung,bulu rata dan mengkilap dll.

Demikanlah Teknik Memilih Bibit Ayam Kampung Pejantan dan Betina Untuk Ayam Kampung Petelur.Jika dalam pemilihan bibit ayam kampung petelur sudah tepat,maka telur yang dihasilkan akan berkarakter bagus.Semoga bermanfaa.

Post a Comment for "Tips Simpel Menentukan Bibit Ayam Kampung Petelur Berkualitas"