Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berbagai Macam Jenis Burung Cendet (Pentet) Lengkap

Burung cendet juga sering kali disebut dengan sebutan "pentet", sebagian besar yang menyebut pentet yaitu kicau mania yang berasal dari Jawa Timur. Cendet ialah burung mungil yang populer dengan kemampuan berkicau yang indah. Cendet termasuk dalam keluarga burung laniidaee, sehingga burung ini termasuk burung kicau yang cerdas, gemar berkicau, dan kicauannya indah sekali.

Burung cendet juga sering kali disebut dengan sebutan  Berbagai Macam Jenis Burung Cendet (Pentet) Lengkap

Burung cendet ada beberapa jenis yang dikenal masyarakat Indonesia, hal ini juga yang membuat cendet mempunyai nama sebutan atau istilah yang tidak sama-beda disetiap daerah. Salah satunya yaitu di daerah Jawa Timur, cendet Jatim disebut pentet lokal, dengan ciri khas terletak pada warna hitam separuh, baik warna hitam mulai penggalan kepala ataupun non hitam di penggalan kepala.

Burung cendet yaitu tipe burung yang simpel dalam hal perawatan, sebab pakan yang simpel didapat serta ketahanan badan yang berpengaruh dan simpel menyesuaikan diri dengan lingkungan. Pada umumnya cendet ialah burung kicau yang cerdas sebab bisa menirukan bunyi burung kicau lainnya.

Burung cendet habitat aslinya di daerah hutan yang meliputi banyak pepohonan hijau yang tinggi. Cendet sangat menyukai pakan berupa biji-bijian, serangga, buah-buahan, dan lain sebagainya. Cendet sifatnya bisa dibilang cukup ganas, sebab bila kelaparan dan tidak segera didiberi makan maka akan banyak gerak, lompat ke sana kemari, dan sangat agresif.

Biasanya burung cendet yang mendengarkan bunyi cendet lainnya, maka akan merespon dan ikutan berkicau. Maka dari itu, cendet juga termasuk burung kicau petarung. Bila sang pemilik cendet sering mempersembahkan perawatan terbaik serta sentuhan dan interaksi dengan cendet, maka cendet akan simpel sekali jinak.

Burung cendet bila kualitasnya manis tentu untuk harganya akan sangat mahal, biasanya cendet yan mahal yaitu cendet yang sering kali juara di banyak sekali lomba burung kicau, termasuk juga juara nasional. Harga cendet remaja juga tentu tidak sama dari harga cendet bakalan, begitu juga cendet usianya masih pertengahan maupun yang sudah siap untuk lomba tapi belum pengalaman (lihat: harga cendet).

Jenis cendet ada beberapa macam yang patut anda ketahui, diantaranya yaitu sebagai diberikut:

1. Cendet Abu-Abu Besar (L Excubitor)
Ciri-ciri cendet abu-abu besar yaitu postur tubuhnya yang paling besar dibanding jenis cendet lainnya. Panjang tubuhnya sekitar 25 cm, dan cendet ini paling banyak ditemukan di daerah Asia, Amerika, dan Eropa Utara.

2. Cendet Abu-Abu Kecil (L Minor)
Jelas jika cendet abu-abu kecil ukuran tubuhnya lebih kecil dari cendet abu-abu besar, spesialuntuk saja penyebarannya paling banyak di Eropa Selatan, Asia Tengah, dan Afrika Timur.

3. Cendet Hitam Putih (L Ludovicianus)
Cendet hitam putih memang warna bulunya sebagian besar spesialuntuk warna hitam dan putih saja, dan cendet jenis ini paling banyak ditemukan di daerah dunia gres Amerika.

4. Cendet Kepala Merah (L Senator)
Ciri khusus cendet yang satu ini terletak pada penggalan kepalanya yang berwarna merah, dan cendet ini menyebar luas di daerah Inggris penggalan selatan, Eropa, Afrika, dan Asia.

5. Cendet Coklat 
Cendet coklat ini paling banyak ditemukan di khawasan Asia dan India.

6. Cendet Leher (L Colarris)
Nah, untuk cendet leher iniliah yang paling banyak diikutsertakan dalam even lomba burung kicau di Indonesia.

Demikianlah warta yang sanggup kami sampaikan terkena jenis burung pentet, biar sanggup menambah warta buat anda teman bersahabat kicau mania.

Post a Comment for "Berbagai Macam Jenis Burung Cendet (Pentet) Lengkap"