Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Burung Rambatan (Munguk Beledu)

Burung rambatan ialah salah satu jenis burung kicau yang cukup digemari oleh sebagian besar kicaumania di Indonesia. Burung rambatan yang juga banyak dikenal dengan sebutan "munguk beledeu" ini mempunyai suara-suara crecetan yang unik dan berkarakter. Mengapa kok disebut rambatan? alasannya burung ini sering kali merambati pohon-pohon untuk mencari pakan kesukaannya. Adapun pakan yang menjadi kesukaannya ialah serangga. Burung ini doyan juga dengan pakan voer.

 ialah salah satu jenis burung kicau yang cukup digemari oleh sebagian besar kicaumania d Burung Rambatan (Munguk Beledu)

Tahukah anda bahwa burung rambatan tergolong dalam keluarga Sittidae, dan umumnya ada 4 jenis burung kicau yang masih tergabung dalam keluarga tersebut, diantaranya ialah: munguk beledu (burung rambatan), munguk loreng, sitella hitam, dan sitella papua. Burung rambatan hidupnya seolah-olah denga gaya hidup burung pelatuk.

Burung rambatan selain model fisiknya yang menawan dan unik, juga bunyi crecetannya sangat tajam, tembakannya yang nyaring, inilah yang menjadikannya nampak kesukaan di mata kicaumania. Banyak yang mengakibatkan suaranya sebagai bunyi master untuk petes burung kicau. Kelebihan lainnya ialah perawatannya yang gampang, selain alasannya praktis menyesuaikan diri juga pakan yang praktis didapatkan.

Burung rambatan juga populer dengan karakternya yang sangat agresif, sangat giras dan lincah. Meskipun begitu, tetap burung ini ialah burung yang praktis beradapatasi dengan lingkungan, sehingga tak butuh waktu usang untuk mendengarkannya aktif berkicau. Suara kicauannya yang tajam sangat elok bila dimasterkan pada burung murai batu, cucak ijo, anis kembang, pleci, kacer, dan lain-lain.

Uniknya, bunyi burung rambatan juga sering kali dipakai oleh teman bersahabat kicaumania untuk memancing bunyi burung pelci yang tidak keluar, dengan diperdengarkan bunyi rambatan, maka burung pleci yang malas tersebut secara perlahan turut menyahuti kicauan rambatan. Jadi, sangat bermanfaa sekali bukan, selain untuk masteran burung kicau supaya sanggup menirukan suaranya, juga untuk memancing supaya burung mau berkicau.

Harga burung rambatan cukup terjangkau, yang masih anakan sekitar Rp.60.000, sedangkan rambakan cukup umur harganya sekitar Rp.150.000 hingga Rp.250.000. Cari di pasar burung di kota anda, biasanya burung ini harganya diubahsuaikan dengan stok, susah gampangnya mendapat pasokan burung jenis ini.

Demikianlah sedikit warta terkena burung rambatan yang sanggup kami sajikan kepada teman bersahabat kicaumania, semoga ada guna dari pembahasan kali ini, minimal teman bersahabat sudah mengenal dan mengetahui burung rambakan.

Post a Comment for "Burung Rambatan (Munguk Beledu)"