Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Gampang Menjinakkan Burung Kacer

Sebagai salah satu burung yang liar dan susah dijinakkan, Burung Kacer populer juga sering mempunyai beberapa masalah. Terutama soal kelakuannya yang giras atau pemalu sehingga menciptakannya enggan untuk bersuara.

Sebenarnya menjinakkan Burung Kacer tidak spesialuntuk bermanfaa untuk mengikutkannya di dalam lomba dan megampangkan perawatannya. Namun menjinakkan Burung Kacer juga dapat dimanfaatkan untuk proses breeding (berternak) atau pengembangbiakan.

Sebagai salah satu burung yang liar dan susah dijinakkan Teknik cepatdangampang Menjinakkan Burung Kacer

Namun sebelum itu, anda mungkin perlu tahu bahwa ada beberapa ciri-ciri Kacer yang belum jinak atau masih giras diantaranya adalah:
1. Apabila burung tersebut yaitu hasil tangkapan dari hutan sehingga tampak liar dan belum dapat menyesuaikan diri dengan manusia.
2. Umumnya, burung enggan untuk berbunyi. Terlebih, kalau ada insan atau banyak orang. Begitu juga sebaliknya apabila tampak sepi, burung mulai memperdengarkan suaranya.
3. Sekalipun tidak hasil tangkapan hutan, atau contohnya kita beli dari penangkar burung, hal tersebut juga belum menjamin bahwa burung tersebut sudah jinak.

Teknik Menjinakan Burung Kacer

A. melaluiataubersamaini Metode Perawatan Harian
  • Metode ini dapat dilakukan untuk mempersembahkan pendekatan antara pemilik burung dengan Burung Kacer. Dimulai pada pagi hari, setelah kerodong dibuka secara perlahan, lanjutkan dengan penggantian makanan dan minuman.
  • Letakkan kandang diatas tanah selama beberapa menit hingga burung tampak terbiasa dengan orang yang silam lalang (setiap hari).
  • Sesudah itu burung diangin-anginkan selama 15 hingga 20 menit.
  • Mandikan burung tersebut dengan metode keramba atau semprot.
  • Sesudah dimandikan, diberikan makanan ekstra berupa jangkrik memakai sapu lidi terlebih lampau, dan perlahan anda dapat memendekkan sapu lidi tersebut hari demi hari hingga anda dapat mempersembahkan pakan dengan memakai tangan anda.
  • Selanjutnya burung dijemur selama satu atau dua jam kemudian diangin-anginkan kembali selama 15 hingga 20 menit.
  • Terakhir, anda dapat mengkrodong burung tersebut semenjak mulai 10.00 hingga 15.00 sore.
  • Selamat dikerodong, burung dapat di perdengarkan bunyi master untuk melatihnya biar mempunyai isian yang bervariasi.
  • Pada sore hari, contohnya di mulai dari pukul 15.30 atau 16.00 anda dapat mengangin-anginkannya kembali di teras rumah.
  • Pada ketika diangin-anginkan, burung dapat didiberi jangkrik contohnya 2 atau 3 buntut.
  • Pada sore hari menjelang magrib anda dapat memandikan burung tersebut, kembali memakai metode keramba.
  • Sesudah diangin-anginkan, burung kembali dikerodong dan diperdengarkan bunyi master hingga pagi hari.
B. Adaptasi lingkungan
Selain dengan metode setting harian, anda juga dapat memanfaatkan metode penyesuaian lingkungan dengan menempatkan kandang burung di tempat-tempat yang ramai namun tidak terlalu bersahabat dengan manusia. Misalnya anda dapat meletakkannya di ketinggian dimana orang sering silam lalang hingga burung tampak lebih hening walaupun ada manusia.

Simak juga bacaan terkena ciri-ciri kacer trotolan jantan dan betina.

Post a Comment for "Cara Gampang Menjinakkan Burung Kacer"