Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Kaki Infeksi Pada Ciblek

Kaki Ciblek memang dikenal keras, kering, dan terlihat kuat. Namun, lantaran satu dan lain hal, kaki ini pun dapat saja mengalami gangguan kesehatan, menyerupai terlalu kering, lemas, atau pun bengkak. Selain mengganggu penampilan, hal ini juga akan kuat pada performa burung. Karena dengan hal ini, burung akan cenderung jadi pendiam dan kondisi kakinya pun akan terlihat pincang.

 kaki ini pun dapat saja mengalami gangguan kesehatan Teknik Mengatasi Kaki Bengkak pada Ciblek

Berbagai cara pun dapat dilakukan untuk mengatasi hal ini. Baik itu dengan perawatan berdikari atau pun tenaga medis, keduanya sama-sama mempunyai manfaat untuk kesembuhan burung. Tapi, kalau kondisi terjadi dan Anda kesusahan untuk mencari dokter hewan, cara terbaik ialah dengan menanganan kondisi secara mandiri.

Teknik Mengatasi Burung Ciblek yang Kakinya Bengkak
Teknik mengatasi kaki infeksi pada burung sendiri dibedakan berdasarkan penyebabnya. Untuk lebih jelasnya, diberikut ialah bermacam-macam cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kaki burung yang bengkak:

1. Kaki infeksi akhir tangkenteng yang tidak ideal
Perlu Anda ketahui. Tidak tiruana penyebab kaki infeksi pada burung ialah lantaran serangga atau pun sejenisnya. Namun, tangkenteng pun dapat menjadikan kaki burung jadi bengkak, bahkan kalau terus dibiarkan, kondisi ini juga dapat menjadikan kaki burung jadi pincang permguan.

Solusinya, ganti tangkenteng tersebut dengan tangkenteng yang lebih ideal, nyaman, dan sesuai dengan ukuran kaki burung. Untuk mengurangi kebengkakan, Anda dapat memakai air hangat untuk merendam kaki burung yang bengkak. Teknik mengatasi kaki infeksi pada Ciblek ini baiknya dilakukan rutin, minimal 2 kali dalam sehari.

2. Kaki infeksi akhir gigitan serangga
Selain lantaran tangkenteng yang tidak ideal, kaki infeksi juga dapat disebabkan lantaran gigitan serangga, menyerupai tiruant, nyamuk, atau pun serangga sejenis. Jika sudah menyerupai ini, maka cara terbaik ialah dengan memindahkan kandang burung ke daerah yang lebih ideal, jauh dari gangguan serangga, terlebih tiruant dan nyamuk.

Sedangkan untuk mengurangi kebengkakan kaki yang dialami burung, diberikut caranya:
2.1. Pertama, siapkan segelas air hangat. Tidak terlalu atau pun terlalu dingin.
2.2. Sesudah itu, pegang  burung yang kakinya infeksi dengan perlahan dan serileks mungkin.
2.3. Selanjutnya, celupkan kaki burung pada air hangat tadi secara perlahan.
2.4. Lakukan cara ini berulang kali, setidaknya hingga 5 menit tiap treatment.

Itulah tadi cara mengatasi kaki infeksi pada Burung Ciblek. Teknik-cara di atas baiknya dilakukan ketika kaki burung ini tidak terlalu bengkak. Namun, kalau kondisi kengekakan kaki burung sudah parah, ada baiknya untuk dibawa ke dokter binatang terdekat untuk dilakukan penanganan lebih lawnjut.

Post a Comment for "Cara Mengatasi Kaki Infeksi Pada Ciblek"