Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menjinakkan Burung Cucak Ijo Dengan Mudah

Perlu anda ketahui teman bersahabat kicau mania, bahwasannya ketika ini burung cucak ijo atau yang dikenal juga dengan sebutan cucak hijau termasuk burung kicau yang penggemarnya semakin banyak. Di tahun 2014 kemarin peminatnya masih sanggup dibilang biasa dan tidak terlalu wow, tetapi di tahu ini cucak ijo semakin meningkat para penggemarnya.

Memang ada banyak sekali alasan memang mengapa kicau mania juga banyak yang suka memelihara burung daun hijau ini, baik sebab tampilan warnanya yang sejuk, bentuk tubuhnya yang unik, atau sanggup juga sebab huruf bunyi yang khas yang tidak dimiliki oleh burung kicau lainnya. Yang niscaya cucak ijo mempunyai kelebihan tersendiri yang membuat para penggearnya merasa terpukau, sehingga masuk akal saja bila ketika ini cucak ijo termasuk burung kicau yang sedang naik daun.

 bahwasannya ketika ini burung cucak ijo atau yang dikenal juga dengan sebutan cucak hijau t Teknik Menjinakkan Burung Cucak Ijo melaluiataubersamaini cepatdangampang

Cucak ijo mempunyai sifat petarung yang cukup bagus, hal ini juga menjadi sebuah kelebihan tersendiri, sehingga umumnya cucak ijo sudah banyak diikutsertakan dalam ajang lomba burung kicau yang diikuti oleh para kicau mania. Memiliki cucak ijo tentu menjadi koleksi tersendiri bagi kicau mania, apalagi bila cucak ijo menjadi satu pilihan untuk dijadikan sebagai burung kesukaan, maka tentunya sang pemilik akan mempersembahkan perawatan yang lebih istimewa.

Siapa sih yang tidak ingin mempunyai cucak ijo yang manis dan berilmu dalam berkicau? niscaya tiruana teman bersahabat pecinta cucak ijo sangat menginginkannya, apalagi cucak ijo yang dirawatnya selama ini suaranya sangat manis dan bahkan sanggup menjadi juara nasional (contoh: kicau cucak ijo juara 1 nasional).

Tentu juga ialah hal yang sangat membahagiakan bagi teman bersahabat pecinta cucak ijo bila mempunyai cucak ijo yang jinak atau dalam bahasa jawanya "lulut". Biasanya burung cucak ijo yang gres didapatkan, entah itu gres beli atau gres mendapat secara pribadi dari hutan, maka tingkah lakunya lebih frontal dan iar. Maka ini perlu sebuah tidakan khusus biar cucak ijo tersebut menjadi lebih jinak, sebab tiruana pecinta burung kicau niscaya menginginkan burung keakungannya itu menjadi jinak dan nurut/

Biasanya cucak ijo yang tidak jinak ditandai dengan gerakannya yang terlalu lincah, lompat ke sana kemari sambil berkicau menyerupai ketakutan. Bila hal ini dibiarkan begitu saja, maka kelabuaan burung tersebut akan stres dan bila sudah terlalu usang stres maka akan praktis terjangkit penyakit, sehingga akhir fatalnya burung itu sanggup hingga mati. Maka dari itu, diharapkan tindakan tertentu untuk mengakibatkan cucak ijo yang masih liar itu biar menjadi jikan, bagaimana caranya?

Berikut tips dan cara menjinakkan cucak ijo dengan gampang:

1. Pemdiberian pakan
Biasanya sang pemilik mempersembahkan pakan kepada cucak ijo yang masih liar, maka cucak ijo tersebut akan merasa ketakutan, dan hingga ketakutannya itu membuat nafsu makannya sanggup berkurang dan bahkan hingga tidak mau makan. Maka tips khususnya yaitu dengan cara mengosongkan daerah pakan cucak ijo tersebut mulai dari menjelang malam hari hingga keesokan harinya, hal ini dilaukan dengan maksud biar cucak ijo kelaparan, kemudian sang pemilik mempersembahkan pakan berupa jangkrik dengan lidi kemudian masukkan dalam kandang. Bila cucak ijo masih belum mau memakannya, maka tunggu sekitar 10 menit dan kembali diberikan. Apabila hingga sekitar jam 10 ternyata cucak ijo masih belum mau memakannya, maka taruhlah jangkrik itu pada daerah pakannya dan biarkan cucak ijo memakannya sendiri. Lakukan cara di atas setiap hari hingga cucak ijo benar-benar terlihat lebih jinak. Yang niscaya ini dilakukan biar cucak ijo merasa membutuhkan menolongan sang pemilik, sehingga cucak ijo lama-lama akan lebih faham terhadap pemiliknya.

2. Meletakkan sangkar yang tepat
Biasanya burung cucak ijo di alam liar memang jauh dari kehidupan manusia, dan cucak ijo lebih berdikari dalam mencari makan ataupun hidup di alam liar. Sedangkan ketika berjumpa dengan insan kemudian merasa ketakutan itu ialah hal yang wajar. Apalagi bila cucak ijo diletakkan di lingkungan yang ramai maka tentu akan merasa takut. Namun, tidakboleh khawatir sebab dengan meletakkan cucak ijo di lingkungan yang banyak kemudian lalang manusia, bila sudah terbiasa maka cucak ijo tersebut akan merasa biasa, apalagi terhadap sang pemilik yang selalu merawatnya, maka akan merasa biasa dan jinak. Yang terpenting ialah cucak ijo terhindar dari hewan predaor yang setiap ketika sanggup membahayakan dirinya, semisal: kucing, anjing, dan lain sebagainya.

3. Memandikan
Pertama kali memandikan cucak ijo memang menciptakannya kelabakan, namun hal ini harus dilakukan biar cucak ijo lebih segar. Tetapi tips biar cucak ijo tersebut menjadi lebih jinak ialah dengan memandikannya hingga berair kuyup, kemudian biarkan bulu-bulunya mengering. Sesudah itu cucak ijo tersebut akan merasa lapar, maka inilah ketika yang sempurna untuk mempersembahkan pakan berupa jangkrik maupun kroto. Lakukan acara memandikan cucak ijo menyerupai ini rutin setiap hari hingga cucak ijo terlihat lebih jinak dari sebelumnya.

Mungin bagi teman bersahabat pecinta cucak ijo, tips-tips di atas terlihat cukup sadis, tetapi ini memang cara yang ampuh biar cucak ijo yang liar tersebut sanggup menjadi jinak dengan gampang. Berdasarkan pengalaman para penagkar cucak ijo memang ini cara yang ampuh, dan sesekali melaksanakan tips di atas perlu dilakukan dengan tujuan yang positif untuk cucak ijo yang anda miliki.

Post a Comment for "Cara Menjinakkan Burung Cucak Ijo Dengan Mudah"