Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pakan-Pakan Terbaik Burung Cucak Hijau

Pakan terbaik ialah komponen yang sangat penting dalam menjalankan kecerdikan daya cucak hijau. Sebab, dari pakan terbaik inilah cucak hijau yang dibudidayakan sanggup terjamin kebutuhan gizinya, sehingga sanggup berkembangbiak dengan baik dan lebih sempurna.

Agar menghasilkan kualitas cucak hijau yang baik, dibutuhkan pakan cucak hijau yang mengandung gizi-gizi tertentu, yang tentu sesuai gizi yang dibutuhkan badan cucak hijau, di antaranya seperi karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

Pakan terbaik ialah komponen yang sangat penting dalam menjalankan kecerdikan daya cucak hij Pakan-Pakan Terbaik Burung Cucak Hijau

Berikut ini yakni cara-cara menyediakan pakan-pakan terbaik untuk burung cucak hijau yang dibudidayakan.

a. Pakan Buah-Buahan
Yang dimaksud pakan buah-buahan di sini yakni pakan cucak hijau yang berasal dari buah-buahan segar, sehingga pemdiberiannya harus dalam keadaan sudah matang serta belum basi. Yang termasuk pakan buah-buahan untuk cucak hijau, antara lain sebagai diberikut:

1. Pisang kepok
Pisang kepok ialah pakan utama bagi cucak hijau yang harus didiberikan setiap hari. Pisang jenis ini mempunyai banyak kandungan gizi, diantaranya 35 mg fosfor, 11 mg kalsium, 1 mg zat besi, 503 mg potassium, 260 IU vitamin A, 14 mg vitamin C, dan 1 mg niasin. Semua kandungan gizi tersebut sangat dibutuhkan oleh cucak hijau untuk sanggup bergerak aktif dan berkicau merdu di dalam kandang.

Selain mempunyai banyak kandungan gizi, pisang kepok juga mempunyai kandungan kalori dua kali lipat lebih banyak dibandingkan buah apel. Ini berarti, kandungan kandungan kalora yang terdapat di dalam pisang kepok ialah energy instan bagi cucak hijau yang sanggup dimanfaatkan dalam waktu singkat. Pisang kepok juga mempunyai kandungan protein 2,3 persen dan lemak 0,13 persen. Kandungan dua gizi inilah yang membuat cucak hijau tidak mudah gemuk, meskipun mengkonsumsi pisang kepok dalam jumlah banyak setiap hari.

Pada dasarnya, terdapat dua jenis pisang kepok yang bisa didiberikan pada cucak hijau, yakni pisang kepok putih dan kuning. Keduanya mempunyai kandungan gizi yang sama, tetapi tekstur dan rasanya tidak sama. Pisang kepok putih bentuknya lebih kecil, kulit tipis, tekstur empuk, tetapi rasanya kurang enak. Sementara, pisang kepok kuning bentuknya lebih besar, kulit lebih tebal, tekstur lebih padat, serta rasanya lebih enak. Pisang kepok kuning inilah yang paling disukai cucak hijau. Maka, jikalau anda membeli pisang kepok, sebaiknya pilihlah dari jenis yang sekiranya disukai oleh cucak hijau yang dibudidayakan.

2. Tomat
Tomat ialah jenis buah-buahan yang sangat disukai cucak hijau. Setiap 1 buah tomat mempunyai kandungan vitamin C lebih tinggi dibandingkan jeruk. Selain itu, tomat juga kental dengan kandungan vitamin A. semakin matang buah tomat, vitamin C dan A yang terkandung di dalamnya juga semakin banyak. Dua vitamin ini tentu sangat baik untuk memelihara kesehatan harian badan dan pengelihatan cucak hijau.

Berdasarkan penelitian, tomat juga mengandung lycopene, yakni semacam antioksidan yang sangat berkhasiat untuk menghancurkan radikal bebas jawaban polusi dan zat-zat berbahaya lainnya yang masuk ke dalam badan cucak hijau. Lycopene ini juga diketahui berperan aktif dalam mencegah rusaknya sel jawaban suatu penyakit yang pernah diderita cucak hijau.
Cucak hijau yang mengkonsumsi tomat secara rutin, tulang-tulangnya akan kuat, sehingga gerakannya di dalam sangkar terlihat lincah dan gesit. Selain itu, kicauannya juga semakin jernih, sehingga terdengar terang dan lebih mengkristal. Kicauan cucak hijau ibarat ini tentu sangat disukai oleh para penghobinya, sehingga semakin meningkatkan harga burung tersebut. Sebelum didiberikan, sebaiknya tomat dicuci terlebih lampau untuk menghilangkan pestisida berbahaya yang melekat di kulit. Sesudah itu, didiberikan pada cucak hijau cukup sekali dalam seminggu.

3. Pir
Pire ialah jenis buah-buahan yang juga disukai cucak hijau lantaran rasanya yang manis dan segar. Buah jenis ini mempunyai kandungan gizi lengkap, mulai dari karbohidrat, protein, vitamin, hingga kalsium. Bahkan, berdasarkan penelitian, setiap 100 gram pir mengandung karbohidrat 14,46 g, energy 242 KJ (58 kkal), protein 0,38 g, gula 9,80 g, diet serat 3,1 g, thiamine (vitamin B1) 0,012 mg, riblofavin (vitamin B2) 0,025 mg, asam pantotenat (vitamin B5) 0,048 mg, vitamin B6 0,028 mg, folat (vitamin B9) 7 mg, vitamin C 4,2 mg, fosfor 11 mg, kalium 119 mg, kalsium 9 mg, magnesium 7 mg, besi 0,17 mg, dan seng 0,10 mg.

Kandungan-kandungan gizi yang lengkap dalam buah pir tersebut membuat cucak hijau yang mengkonsumsinya bisa berkicau dengan bunyi jernih. Selain itu, kandungan-kandungan gizi tersebut juga sanggup meredam emosi cucak hijau yang hiperbola (over) jikalau dihadapkan dengan cucak hijau lain sejenis. Berkaitan dengan pemdiberiannya, pir sebaiknya didiberikan kepada cucak hijau dua kali dalam seminggu, contohnya pada hari senin dan jum’at.

4. Apel merah
Apel merah sangat kaya vitamin, mulai dari vitamin A 98 IU, B1 (thiamine) 0,031 mg, B2 (riboflavin) 0,047 mg, B3 (niacin) 0,166 mg, B6 0,075 mg, C 8,4 mg, E 0,33 mg, K 4 mcg. Folate 5 mcg, hingga pantothenic achid 0,111 mg. selain itu, apel merah juga sangat kaya kandungan mineral, antara lain potassium, magnesium, kalsium, zat besi,dan zinc.

Serat dan fitokimia juga dimiliki apel merah. Serat mempunyai fungsi yang anggun untuk menahan lemak di dalam badan cucak hijau yang selanjutnya akan dimembuang. Sementara, fitokimia berkhasiat sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas di dalam badan cucak hijau yang mungkin disebabkan polusi kendaraan, asap rokok, dan asap-asap lainnya yang masuk ke dalam rongga pernapasan cucak hijau.

Kandungan-kandungan gizi yang dimiliki apel merah tersebut sanggup mempersembahkan manfaat luar biasa bagi cucak hijau, lantaran sanggup merawat kesehatan jantung, terusan pencernaan, meningkatkan daya serap memori, menyehatkan pengelihatan, dan menjaga stamina. Oleh lantaran itu, cucak hijau yang dibudidayakan perlu didiberikan apel merah dua kali dalam seminggu. Tetapi, perlu diperhatikan bahwa apel merah yang didiberikan pada cucak hijau harus dalam keadaan sudah matang dan dipotong kecil-kecil. Hindari mempersembahkan apel merah yang masih muda, lantaran spesialuntuk akan membuat cucak hijau sudah mematoknya, sehingga bisa menimbulkan sakit pada paruhnya.

5. Papaya
Papaya ialah jenis buah-buahan untuk cucak hijau yang paling menyehatkan di antara empat jenis buah-buahan sebelumnya. Pasalnya, papaya mengandung gizi-gizi penting yang sangat dibutuhkan cucak hijau setiap hari, ibarat betakaroten 276 mikrogram/100 g, betacryptoxanthin 761 mikrogram/100 g. lutein dan zeaxanthin 75 mikrogram/100 g. gizi-gizi tersebut sanggup berfungsi sebagai antioksidan yang sangat ampuh dalam menangkal serangan radikal bebas.

Selain itu, papaya juga mengandung vitamin A (1.094-18.250 SI) yang sangat penting untuk menjaga kesehatan penglihatan cucak hijau, serta beberapa vitamin penting lainnya, ibarat vitamin C 62-78 mg/100 g dan folat 38 mikrogram/100 g. namun, meskipun demikian, pemdiberian papaya pada cucak hijau dihentikan berlebihan. Sebab, sanggup membuat cucak hijau menjadi lemas dan banyak memmembuang kotoran yang berair.

Pemdiberian papaya pada cucak hijau sebaiknya cukup tiga kali dalam dua minggu. Pemdiberian papaya dalam hukum ini sanggup mempersembahkan manfaat yang besar bagi cucak hijau, di antaranya memmenolong mempercepat penyembuhan luka atau cidera, menjaga kelebatan dan keindahan bulu, melancarkan pencernaan termasuk melancarkan membuang kotoran, serta menetralisir racun yang terdapat di dalam tubuh.

b. Pakan Tambahan
Yang dimaksud pakan suplemen di sini yakni pakan cucak hijau yang berupa makhluk hidup, di mana pemdiberiannya ditujukan untuk melengkapi kebutuhan gizi cucak hijau setiap hari. Yang termasuk pakan suplemen untuk cucak hijau, antara lain sebagai diberikut:

1. Jangkrik
Jangkrik ialah pakan suplemen bagi cucak hijau yang bermanfaa untuk meningkatkan power bunyi dan meningkatkan birahi. Setiap satu ujung jangkrik mengandung 105,49 ppm hormone progesterone dan 259,535 hormon estrogen, kedua hormone tersebut sangat dibutuhkan pasangan cucak hijau dalam proses perkawinan. Sebab, cucak hijau jantan dipastikan akan berkicau dengan power bunyi tinggi untuk sanggup menarikdanunik perhatian cucak hijau betina. Sementara, cucak hijau betina juga minta akan dikawini jikalau tingkat birahinya meningkat. melaluiataubersamaini demikian, proses perkawinan pasangan cucak hijau sanggup berjalan dengan baik.

Disamping itu, setiap satu ujung jangkrik juga mengandung kalori cukup tinggi. Untuk itu, pemdiberiannya sebagai pakan suplemen perlu dibatasi setiap hari.  Hindari mempersembahkan jangkrik pada cucak hijau dalam jumlah yang hiperbola (over), lantaran sanggup membuat cucak hijau menjadi over birahi, di samping juga membuat cucak hijau menjadi kegemukan di kemudian hari.

Jangkrik mudah didapat di toko yang menjual pakan dan perlengkapan-perlengkapan burung dengan harga sangat murah. Hanya dengan Rp.2.000, anda sudah bisa mendapat jangkrik antara 30-40 ujung. Jangkrik dengan jumlah sekian sanggup didiberikan kepada calon pasangan cucak hijau yang dibudidayakan selama tiga atau empat hari ke depan.

Meskipun jangkrik bisa dibeli dengan harga yang sangat murah, tetapi sekali lagi, pemdiberiannya harus tetap dibatasi. Disamping itu, jangkrik yang akan didiberikan harus dimembersihkankan dua kaki belakangnya yang tajam, akup, dan kepalanya, semoga tenggorokan cucak hijau tidak terluka dikala menelannya serta bunyi kicauan cucak hijau sanggup terus terjaga kejernihannya.

2. Belalang
Belalang ini bisa dipakai sebagai pengganti jangkrik. Setiap satu ujung belalang mengandung serat agresif 12,4 gram/100 gram, protein agresif 62 gram/100 gram, dan lemak agresif 15,5 gram/100 gram. Gizi yang dimiliki belalang tersebut menjadi semakin lengkap dengan adanya asam amino essensial, beberapa jenis vitamin penting, serta beberapa mineral, ibarat fosfor, kalium, kalsium, dan sodium (natrium).

Di habitat aslinya, jenis serangga yang paling banyak dimakan cucak hijau yakni belalang. Belalang yang biasa dimakan cucak hijau yakni jenis belalang rumput yang mempunyai warna lebih banyak didominasi hijau. Berdasarkan penelitian, jenis belalang rumput ialah belalang yang paling anggun didiberikan sebagai pakan suplemen bagi cucak hijau, lantaran mengandung protein agresif paling tinggi di antara belalang-belalang jenis lain.

Sejauh ini, belalang tidak dijual di toko yang biasa menjual pakan dan perlengkapan-perlengkapan burung. Maka dari itu, jikalau ingin mendapat belalang maka anda harus menangkapnya sendiri di tanah lapang. Sejak zaman lampau, sebelum jangkrik banyak dijual di toko-toko, belalang sudah dipakai sebagai pakan suplemen oleh para penghobi burung, termasuk cucak hijau.

3. Ulat hongkong
Ulat hongkong atau yang lebih dikenal dengan sebutan meal worm atau yellow meal worm ialah homogen larva ulat berukuran panjang badan sekitar 33 mm dan diameter 3 mm. ulat hongkong ini ialah anak dari serangga induk berjulukan Tenebrio molitor, yaitu serangga pemakan biji-bijian yang disimpan, ibarat beras, kacang hijau, gandum, kedelain, jagung, jemawut, dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, ulat hongkong mempunyai beberapa fase kehidupan sebelum hasilnya bisa menjadi Tenebrio molitor. Fase kehidupan tersebut dimulai dari telur, kemudian menetas menjadi larva yang disebut ulat hongkong. Sesudah pertumbuhannya terbaik, larva bermetamorfosis pupa atau kepompong, kemudian seminggu kemudian, pupa atau kepompong itu menjadi serangga Tenebrio molitor.

Berdasarkan penelitian, ulat hongkong mempunyai beberapa kandungan gizi yang cukup baik, di antaranya protein agresif mencapai 48%, kadar bubuk mencapai 3%, lemak agresif mencapai 40%, kadar air mencapai 57%, serta kandungan ekstra nonnitrogen mencapai 8%. Beberapa kandungan gizi yang dimiliki ulat hongkong tersebut dangat dibutuhkan cucak hijau untuk meningkatkan emosinya atau birahinya secara instan. Akan tetapi, pemdiberiannya cukup beberapa ujung saja, lantaran sanggup menimbulkan suhu badan cucak hijau mendadak menjadi gerah, sehingga cepat merontokkan bulu-bulunya.

Sekarang ini, sudah banyak beredar produk ulat hongkong kering dalam kemasan kaleng yang kandungan gizinya tidak kalah dengan ulat hongkong hidup. Jika anda merasa lebih mudah memakai produk ulat hongkong kering ini, anda juga sanggup mempersembahkannya kepada cucak hijau. Akan tetapi, pemdiberian ulat hongkong yang masih hidup pada cucak hijau tetap harus diutamakan.

4. Ulat bambu
Ulat bambu atau yang lebih dikenal dengan sebutan ulat bumbung ialah pakan suplemen bagi cucak hijau yang bermanfaa untuk menurunkan birahi. Di dalam badan ulat bumbung terdapat kandungan gizi yang cukup baik, di antaranya protein mencapai 15,7%, lemak mencapai 22,19%, serat agresif mencapai 7,69%, dan air mencapai 61,73%. Kandungan gizi yang dimiliki ulat bambu tersebut sangat baik untuk didiberikan pada cucak hijau jantan maupun betina yang mengalami over birahi. Namun, pemdiberiannya juga dihentikan terlalu banyak, lantaran dikhawatirkan sanggup menimbulkan lemak berlebih di dalam badan cucak hijau, sehingga menjadikan cucak hijau malas berkicau dan aktif bergerak.

5. Kroto
Kroto ialah pakan suplemen bagi cucak hijau yang kaya protein. Kroto dihasilkan oleh tiruant merah atau biasa dikenal dengan sebutan tiruant rangrang yang bermasukang di pohon-pohon yang mempunyai daun lebar dan rapat, ibarat pohon jambu air dan mangga. Oleh para pembudidaya, kroto diyakini sebagai pakan suplemen terbaik bagi cucak hijau yang dibudidayakan. Mereka meyakini bahwa di dalam kroto terdapat kandungan protein yang sanggup membuat cucak hijau selalu dalam keadaan fit atau sehat.

Sebagai pakan tambahan, kroto sangat disukai cucak hijau. Oleh lantaran itu, jikalau cucak hijau didiberikan kroto maka dalam waktu singkat kroto itu sudah habis dilahap tanpa sisa. Kroto sanggup dibeli di toko yang khusus menjual pakan dan perlengkapan-perlengkapan burung. Namun, lantaran seruan di pasar sangat tinggi, menjadikan kroto tidak mudah didapatkan begitu saja. Anda harus memesannya terlebih lampau.

Saat membeli kroto, sebaiknya pilihlah kroto yang masih segar. Sebab kroto yang segar mengambarkan bahwa kandungan protein yang terdapat di dalamnya masih dalam keadaan sehat. Hindari membeli kroto yang sudah terlihat bau atau berbau busuk, lantaran besar kemungkinan kroto tersebut membuat cucak hijau menjadi lemas dan terjangkit diare.

Bagi anda yang membudidayakan cucak hijau, kroto sebaiknya didiberikan setiap tiga hari sekali dengan dosis satu sendok makan untuk setiap pasang cucak hijau. Cucak hijau yang rutin didiberikan krto setiap tiga hari sekali akan selalu dalam keadaan fit atau sehat dan tidak belum sempurnanya protein, yang pada hasilnya sanggup menghambat proses kecerdikan daya.

c. Pakan Buatan Pabrik
Yang dimaksud pakan buatan pabrik yakni pakan cucak hijau yang dibentuk dengan proses pengolahan tertentu. Terdapat aneka macam pakan buatan pabrik untuk cucak hijau yang beredar luas di pasar dengan merek dan kandungan gizi yang tidak sama. Voer yakni satu-satunya pakan buatan pabrik yang diperuntukkan bagi cucak hijau. Namun, hingga dikala ini, penerapan voer untuk cucak hijau masih menimbulkan perbedaan pendapat di antara para penghobinya.

Sebagian penghobi menyampaikan bahwa voer sangat penting bagi cucak hijau, lantaran dari voer kebutuhan gizi cucak hijau bisa lebih terjamin. Sementara, sebagian penghobi yang lain menyampaikan bahwa penerapan voer untuk cucak hijau tidak diperlukan, lantaran bisa merusak pita bunyi cucak hijau dan melemahkan mentalnya.

Terlepas dari tiruana perbedaan itu, voer bagi cucak hijau tetap menjadi pakan buatan pabrik yang bisa memenuhi tiruana kebutuhan gizinya. Sebab, di dalam voer terdapat kandungan gizi lebih lengkap yang tidak mudah didapatkan dari buah-buahan dan pakan tambahan. Selain itu, voer juga mudah didapatkan di pasar. Hal ini tentu semakin megampangkan anda dikala tidak bisa membeli pakan buah-buahan maupun pakan suplemen lantaran kehabisan stok.

Voer yang dipilih untuk cucak hijau bisa diubahsuaikan dengan kebutuhan gizi dan umurnya. Di toko-toko yang khusus menjual pakan dan perlengkapan-perlengkapan burung. Anda sanggup dengan mudah menemukan voer sesuai kebutuhan. Tentunya, dengan harga tidak sama-beda, mulai dari yang paling murah sekitar Rp.6.000 hingga paling mahal sekitar Rp.14.000. (Om Shodiq Gacor)

Post a Comment for "Pakan-Pakan Terbaik Burung Cucak Hijau"