Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Alasan Perjuangan Ternak Kelinci Sangat Menjanjikan Dan Menguntungkan

Sebagai kepulauan yang luas, Indonesia menduduki peringkat atas dalam problem kekayaan alam dan keguakaragaman hayati. Akan tetapi akungnya masyarakat Indonesia sendiri kurang meterbaikkan sumber daya alam yang melimpah ini. Entah lantaran kurangnya pengetahuan atau memang lantaran pandangan yang sempit terhadap memanfaatkan kekayaan alam.

Jika direnungi dengan baik, kita sanggup memanfaatkan kekayaan alam tersebut dengan menekuni dunia peternakan. Peternakan ialah peluang perjuangan yang menjanjikan dan berpotensi besar untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat Indonesia. Salah satunya yaitu beternak kelinci.

Sampai hari ini ternak kelinci atau yang biasa disebut budidaya kelinci belum dikenal secara luas di Indonesia. Bahkan masih banyak daerah-daerah yang menganggap remeh perjuangan ternak kelinci ini. Padahal dari sektor daging, kelinci bisa menghasilkan daging konsumsi dengan sangat cepat. Apalagi bila dikelola secara profesional, tentu akan lebih baik.

Simak juga: Panduan Lengkap Beternak Kelinci Khusus Pemula

Makanya banyak peternak di Indonesia yang menyampaikan kalau budidaya kelinci menjadi salah satu komoditas penyedia daging yang cepat dan efektif. Selain faktor daging, kita juga sanggup memanfaatkan kotoran kelinci sebagai pupuk organik, bulu kelinci sebagai benang wol yang hangat, lalu kita juga bisa memanfaatkan kelinci peliharaan/hias untuk dijual ke konsumen.

Masih banyak lagi keunggulan keunggulan beternak kelinci lainnya. Berikut Hobinatang.com mengulas 7 alasan kenapa budidaya kelinci sangat menguntungkan dan menjanjikan.

Keunggulan dan Keuntungan dari Ternak Kelinci


 Indonesia menduduki peringkat atas dalam problem kekayaan alam dan keguakaragaman hayati 7 Alasan Usaha Ternak Kelinci Sangat Menjanjikan dan Menguntungkan

Di zaman menyerupai ini ternak kelinci sangat anggun untuk dikembangkan. Sebab persaingan yang ada masih sangat kurang. Selain itu ketersediaan pakan alam yang melimpah serta iklim Indonesia yang anggun membuat semakin praktis untuk beternak kelinci.

Lalu, Apa saja 7 keunggulan peternak kelinci?

1. Kelinci cepatdangampang Dibudidayakan di Daerah Plosok dan Pedesaan


INI alasan pertama mengapa perjuangan ternak kelinci sangat menjanjikan. Yaitu praktis dikembangkan di kawasan pedesaan. Kondisi pedesaan yang alami dan banyak tumbuhan-tumbuhan segar bisa megampangkan langkah kita dalam beternak kelinci. Karena kelinci Sendiri lebih cocok dengan pakan alami dibandingkan buatan pabrik menyerupai pelet.

Baca juga: Daftar Makanan Kesukaan Kelinci yang Sehat

2.  Kelinci Bisa Diternakkan di Sekitar Rumah


Tidak menyerupai kambing atau sapi, beternak binatang kelinci relatif sangat gampang. Tidak membutuhkan lahan yang luas dan biaya yang banyak. Sebab kelinci pedaging maupun kelinci hias mempunyai postur badan yang kecil. Sehingga kalian cukup menciptakankan sangkar bertipe susun sehingga menghemat tempat. Baca: Teknik Membuat Kandang Kelinci Sendiri cepatdangampang dan Murah

3.  Bisa Membudidayakan Kelinci dalam Skala Besar Maupun Kecil


Kalian boleh memulai perjuangan di dunia peternakan kelinci ini dalam skala kecil maupun besar. Artinya bisa dilakukan spesialuntuk untuk mengisi waktu kosong di sore hari alias perjuangan sampingan. Namun juga sanggup dilakukan secara profesional dalam skala yang besar. Dan tentu saja laba akan lebih besar pula.

4.  Kelinci Memiliki Reproduksi yang Sangat Cepat


Keunggulan beternak kelinci diberikutnya yaitu tingkat reproduksi yang tinggi pada kelinci. Menurut data, kelinci bisa berkembang biak 4 - 6 kali dalam setahun. Serta bisa melahirkan hingga 6 ujung anak di setiap persalinan. Selain itu, induk kelinci juga mempunyai masa kehamilan yang singkat, yaitu sekitar 30 hingga 40 hari.

Jika dikalkulasi satu pasang induk kelinci rindang bisa menghasilkan 20 ujung anak dalam setahun. Sehingga jika  anda mempunyai 4 pasang kelinci  diperkirakan bisa menghasilkan 80 ujung anak. Syaratnya harus merawat induk maupun anak kelinci dengan baik. Dan banyak mencari isu terkait perawatan kelinci.

Baca juga: Teknik Merawat Kelinci yang Baik dan Benar untuk Pemula

5. Memanfaatkan Daging Kelinci


 Indonesia menduduki peringkat atas dalam problem kekayaan alam dan keguakaragaman hayati 7 Alasan Usaha Ternak Kelinci Sangat Menjanjikan dan Menguntungkan

Perlu diketahui bahwa di Indonesia kelinci terbagi menjadi dua. Ada kelinci pedaging dan ada pula kelinci hias.  Untuk kelinci pedaging mempunyai kelebihan dari segi memanfaatkan dagingnya. Rasa dan teksturnya cukup lembut sehingga tidak alot apabila dikelola dalam bentuk apapun. Entah itu sate maupun oseng-oseng.

Baca: Pengertian dan Perbedaan Kelinci Hias dan Kelinci Pedaging

Bahkan daging kelinci lebih sehat dibandingkan daging kambing, lantaran mengandung kolesterol yang rendah. Hal itulah yang membuat orang-orang mulai tertarik menjual daging kelinci dan usul pasar juga semakin tinggi. Kaprikornus bisa dikatakan beternak kelinci cukup menjanjikan.

6. Menjual Kelinci Hias


Kelinci hias juga cukup menjanjikan. Kalian akan menerima laba dari proses jual beli kepada konsumen.  Seperti yang kawan-kawan ketahui bahwa kelinci hias mempunyai bulu lebat dan bentuk yang lucu. Hal ini membuat orang-orang tertarik untuk memelihara kelinci di rumahnya. Oleh lantaran itu budidaya kelinci hias diyakini sanggup menambah asap dapur anda.

7. Memanfaatkan Kotoran Kelinci


Kotoran kelinci juga mempunyai nilai lebih. Dan bukan sekedar kotoran. Karena kotoran kelinci bisa dijadikan sebagai pakan ayam yang berprotein tinggi dan juga materi pupuk sangkar yang rindang. Kaprikornus apabila di sekitar rumah anda banyak tumbuhan sayur-sayuran bisa memanfaatkan kotoran kelinci ini untuk pupuk organiknya.

Itulah 7 laba dan kegampangan beternak kelinci. Walaupun bergotong-royong masih banyak lagi keunggulan keunggulan beternak kelinci lainnya, contohnya kulit kelinci sanggup dimanfaatkan sebagai materi baku tekstil. Lalu bulu kelinci yang lebat sanggup dijadikan kain wol yang sangat.

Baca juga: 12 Ternak Hewan Yang Paling cepatdangampang dan Menguntungkan

Baiklah sekian saja dari kami biar isu ini bermanfaa buat kawan-kawan di rumah. Dan bisa mendorong kalian untuk mempersembahkan kepercayaan diri kalian untuk memulai perjuangan kelinci yang menjanjikan.

Post a Comment for "7 Alasan Perjuangan Ternak Kelinci Sangat Menjanjikan Dan Menguntungkan"