Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Aquascape? Inilah Klarifikasi Paling Lengkap Dan Jelas

Mengenal apa itu aquascape- Halo kawan-kawan selamat sore, Apakah kalian pernah melihat akuarium yang di dalamnya ada ikan, tumbuhan air yang hidup, kayu atau aksesoris aksesoris lainnya? Jika pernah maka anda sedang menyaksikan seni yang luar biasa. Sebuah simulasi alam faktual yang diterapkan di dalam air. Simulasi itu disebut sebagai aquascape.

Aquascape ialah hobi yang sudah cukup terkenal di Indonesia namun komunitasnya tidak sebanyak komunitas pencinta ikan hias di akuarium. Atas dasar itulah hobinatang.com di sini berkeinginan berpengaruh untuk mengulas seputar Aquascape biar sanggup mengenalkan kepada masyarakat betapa indahnya hobi yang satu ini. Semakin banyak masyarakat yang tau, maka akan semakin banyak yang mau bergabung di komunitas aquascape Indonesia.

Mengenal Pengertian, Sejarah, Perkembangan dan Komponen Aquascape


 Apakah kalian pernah melihat akuarium yang di dalamnya ada ikan Apa Itu Aquascape? INI Penjelasan Paling Lengkap dan Jelas

Apa itu maksud Aquascape?

Pengertian aquascape ialah sebuah hobi yang diseriuskan memelihara dan mengatur tanaman-tanaman air, kayu-kayu, batu, karang, ikan serta aksesoris lainnya di dalam akuarium. Didesain sedemikian rupa supaya menghasilkan pemandangan atau lanskap dalam air yang indah dan menawan. Kalau diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia, aqua = air, scape = pemandangan. Makara aquascape artinya pemandangan air.

Biasanya orang-orang membuat aquascape untuk dijadikan display di rumahnya. Sebab tumbuhan tanaman yang tumbuh di dalam air, kemudian kayu-kayu yang tersusun indah, karang-karang yang tertata rapih, ditambah lagi ikan-ikan kecil berenang bebas membuat aquascape terlihat sangat indah dan natural. Sangat cocok dijadikan display rumah.

Baca: 12 Teknik Membuat Aquascape yang Sederhana untuk Pemula

Lantas Apa perbedaan antara aquascape dengan aquarium? Berikut akan kami jelaskan bedanya akuarium dan aquascape, sejarah, perkembangan serta komponen-komponen utama yang dibutuhkan aquascape.

1. Perbedaan antara Aquascape dan Akuarium


 Apakah kalian pernah melihat akuarium yang di dalamnya ada ikan Apa Itu Aquascape? INI Penjelasan Paling Lengkap dan Jelas

Masih banyak masyarakat yang gagal paham soal aquascape dan aquarium. Meskipun keduanya ada kesamaan tapi sejatinya keduanya ialah dua istilah yang tidak sama. Perbedaan terletak pada isinya, sedangkan persamaannya terletak pada wadahnya. Yaitu sama-sama menggunakan materi yang terbuat dari kaca, acrylic atau bahan-bahan lainnya.

Namun isinya tidak sama. Akuarium ini lebih serius pada ikan hias atau beberapa aksesoris sebagai isinya. Sedangkan aquascape lebih serius kepada memelihara tumbuhan air biar tidak mati, mendesain kayu, karang biar manis dan serius pada fauna ibarat keong, udang atau ikan kecil-kecil yang hidup di dalamnya.

Makara sanggup dikatakan aquascape tidak spesialuntuk memelihara ikan tapi juga memelihara tiruana komponen yang berada di dalam akuarium itu sendiri. Bahkan ikan spesialuntuklah sebagai pelengkap, bukan inti dari aquascape.

2. Sejarah dan Perkembangan Aquascape


 Apakah kalian pernah melihat akuarium yang di dalamnya ada ikan Apa Itu Aquascape? INI Penjelasan Paling Lengkap dan Jelas

Pada tahun 1990, Aquascape dibuat pertama kali di negara Jepang oleh Takashi Amano. Pada ketika itu beliau menjiplak kondisi alam yang bersama-sama untuk diterapkan di dalam air sehingga terlihat benar-benar alami meskipun berada di dalam akuarium.

Kemudian Takashi Amano mendirikan sebuah perusahaan Aqua Design Amano atau yang dikenal oleh kalangan penghobi sebagai ADA (singkatan aqua design amano). Hingga kini Takashi Amano bersama perusahaannya menjadi referensi bagi penghobi aquascape. Bahkan perusahaan tersebut menyediakan segala macam produk-produk/aksesoris yang berkaitan dengan aquascape.

Di Indonesia sendiri Aquascape mulai dikenal pada tahun 1993. Pertama kali dibawa oleh Pak Beni, seorang pemilik akuarium terkemuka di Jakarta kala itu. Sampailah pada zaman ketika ini, di mana  aquacape terus berkembang hingga ke pelosok pelosok Indonesia dan tidak sedikit yang mengadakan kontes skala nasional maupun internasional.

Di media umum sendiri sudah banyak yang mendirikan komunitas-komunitas sesama pecinta aquascape Indonesia.

3. Komponen Penting di Dalam Aquascape


 Apakah kalian pernah melihat akuarium yang di dalamnya ada ikan Apa Itu Aquascape? INI Penjelasan Paling Lengkap dan Jelas

Untuk mewujudkan sebuah lanskap/pemandangan bawah air yang indah diharapkan adanya metode dalam mengatur keseimbangan sistem yang tertutup dari tangki akuarium. Maka diharapkan komponen utama demi mendukung itu tiruana. Sekitar ada 4 faktor paling penting untuk aquascape:

  • Pencahayaan atau lighting: mempunyai kegunaan sebagai pengganti sinar matahari untuk fotosintesis. Lighting dibagi 3, yaitu lowlight, midlight dan highlight.
  • Kemudian dibutuhkan CO2: berfungsi untuk dijadikan masakan tumbuhan air. Tapi jikalau terlalu banyak CO2 sanggup mengakibatkan ikan sering terapung ke permukaan dan kesudahannya mati.
  • Lalu dibutuhkan juga pupuk: sebagai nutrisi masakan tanaman.
  • Terakhir filterisasi: penting untuk memmembersihkankan kotoran yang ada di dalam air dan berfungsi menjaga kualitas air biar tetap membersihkan.

Di samping empat komponen di atas diharapkan juga temperatur air untuk menjaga suhu tetap 26C°- 28C°. Bila terlalu gerah sanggup mematikan tumbuhan dan ikan pada mati. Temperatur keasaman air/PH air juga perlu diatur, idelanya PH air mencapai 7.

4. Jenis Tanaman untuk Aquascape


 Apakah kalian pernah melihat akuarium yang di dalamnya ada ikan Apa Itu Aquascape? INI Penjelasan Paling Lengkap dan Jelas

Tanaman air yang dipakai untuk aquascape bermacam-macam jenisnya ada yang perawatannya simpel ibarat jenis anubias dan tumbuhan moss. Tapi ada pula yang rumit. Untuk membuat landscape aquascape sendiri dibagi 3 bagian:

  • Foreground: yaitu tanamannya ditaruh di cuilan depan atau bawah sebagai rumput karpet.
  • Midground: yaitu tumbuhan diletakkan di tengah-tengah.
  • Dan background: yaitu tumbuhan ditaroh di sisi belakang.

Untuk background carilah flora yang sanggup tumbuh tinggi.

5. Jenis Ikan untuk Aquascape


 Apakah kalian pernah melihat akuarium yang di dalamnya ada ikan Apa Itu Aquascape? INI Penjelasan Paling Lengkap dan Jelas

Seperti yang sudah kami singgung di atas, bahwa fauna spesialuntuklah pelengkap. Sedangkan ikan yang dipakai bermacam-macam macam macam jenisnya. Rata rata masyarakat menggunakan jenis ikan neon tetra, neon cardinal dan lain sebagainya.

Baca: 13 Jenis Ikan Hias untuk Aquarium Mini

Kadang juga didiberi fauna bersifat cleaning service/pemmembersihkan buat ekosistem yang ada di Aquascape, para hobis menyebutnya sebagai  algae eater. Misalnya keong yang mempunyai kegunaan memakan lumut, alga dan kotoran. Lalu ada udang red cherry juga sanggup memmembersihkankan ekosistem sekitar dan lain sebagainya.

Demikianlah klarifikasi lengkap tentang apa itu Aquascape. Mulai dari pengertian sejarah perkembangan dan komponen-komponen yang ada di dalam aquascape itu sendiri. Semoga bermanfaa

Post a Comment for "Apa Itu Aquascape? Inilah Klarifikasi Paling Lengkap Dan Jelas"