Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Budidaya Kroto Rumahan Bagi Pemula (Panduan Lengkap)

Teknik budidaya kroto rumahan- Dari zaman lampau hingga kini kroto masih menjadi makanan pokok buat hewan peliharaan menyerupai burung kicau atau jenis hewan pemakan serangga lainnya. Dan di tahun 2018 seiring berkembangnya pencinta burung di Indonesia, anak tiruant rangrang ini semakin banyak dicari.

Namun akungnya keberadaan kroto di alam liar sendiri sudah sangat langka akhir kerap diburu. Kemudian hal ini membuat orang-orang mulai berpikir untuk membuka perjuangan beternak kroto di rumahnya kemudian dijual kepada konsumen.

Apabila kita mendalami perjuangan ini bukan mustahil kalau kita sanggup sukses dan meraup laba yang sangat besar. Sebab konsumennya bukan spesialuntuk berasal dari pecinta burung saja namun banyak juga dari komunitas pancing mania yang membeli kroto sebagai umpan ikannya.

Maka dari itu budidaya kroto sanggup dikatakan sebagai perjuangan yang menjanjikan. Akan tetapi dalam menjalaninya kalian harus sungguh-sungguh, disiplin, bersabar dan banyak membaca panduan-panduan membudidayakan kroto.

Untuk panduannya kalian sanggup membaca tutorial yang akan hobinatang.com tulis di bawah ini. Tutorial kami ini dikhususkan untuk anda para pemula yang ingin budidaya kroto rumahan. Yang mana tidak membutuhkan lahan luas yang khusus, cukup memanfaatkan area rumah yang kosong.

Bagaimana metode budidaya kroto di rumah?

Budidaya Kroto Rumahan Untuk Pemula


Agar menghasilkan kroto yang berkarakter, silahkan kalian perhatikan langkah-langkah penting budidaya kroto di bawah ini:

1. Mempersiapkan Tempat Untuk Membudidayakan Semut Rangrang


Dari zaman lampau hingga kini kroto masih menjadi makanan pokok buat hewan pelihara Teknik Budidaya Kroto Rumahan Bagi Pemula (Panduan Lengkap)

Tentu saja langkah pertama dalam budidaya kroto yaitu memelihara tiruant rangrang. Karena tanpa mereka, si kroto mustahil hadir di muka bumi. Kecuali kroto ajaib yang lahir dari watu menyerupai Sun Go Kong. haha Oleh lantaran itu kita harus menyiapkan masukangnya terlebih lampau untuk berkembang biak.

Dalam ternak tiruant rang rang rumahan biasanya orang-orang menggunakan media toples, paralon atau bambu. Masing-masing mempunyai kelebihan dan belum sempurnanya.

Dari zaman lampau hingga kini kroto masih menjadi makanan pokok buat hewan pelihara Teknik Budidaya Kroto Rumahan Bagi Pemula (Panduan Lengkap)

Apabila kalian ingin menggunakan toples, sebaiknya dibuatkan lubang dengan diameter 1 cm pada sisi toples dan atas toples. Fungsinya yaitu sebagai jalur tiruant rangrang biar sanggup keluar masuk untuk mengambil makanan yang berada di luar toples.

Dan apabila bibit tiruant rangrang gres dimasukkan ke dalam toples, harap lubangnya ditutup lampau hingga  kurang lebih 3 jam. Hal ini bertujuan supaya tiruant yang gres masuk tersebut sanggup mengikuti keadaan dalam toples.

Panduan untuk kalian yang menggunakan paralon, silakan ambil paralonnya dan potong sebesar 12 cm dan panjangnya 50 cm. Untuk penyusunannya gunakanlah rak yang terbuat dari bambu atau besi. Usahakan ada 2 rak tingkat serta letakkan wadah yang meliputi air pada setiap kaki kaki raknya biar tiruant tidak praktis kabur. Selain itu jauhkan sangkar dari bunyi bising lantaran ratu tiruant butuh ketenangan untuk bertelur.

2. Membuat Rak Untuk Budidaya Kroto


Dari zaman lampau hingga kini kroto masih menjadi makanan pokok buat hewan pelihara Teknik Budidaya Kroto Rumahan Bagi Pemula (Panduan Lengkap)

Masih dalam dilema tempat, kalau di atas berkaitan dengan masukang tiruant, maka kali ini berkaitan dengan raknya alias lemarinya. melaluiataubersamaini meletakkan kandangnya di dalam rak akan megampangkan kita untuk mengontrol perkembangannya.

Standarnya tetap sanggup berua besi atau kayu. Untuk tingginya sanggup 1,5 meter, panjang 2 meter dan luas setengah meter. Atur menjadi beberapa tingkat dan setiap tingkatnya mempunyai tinggi 30-40 cm. Sedangkan kaki raknya setinggi 30 cm ditambahi air atau oli supaya tidak kabur.

3. Memilih Bibit Kroto Yang Berkualitas


Dari zaman lampau hingga kini kroto masih menjadi makanan pokok buat hewan pelihara Teknik Budidaya Kroto Rumahan Bagi Pemula (Panduan Lengkap)

Langkah budidaya kroto selanjutnya yaitu mencarikan bibit atau tiruant rangrang merah yang berkarakter. Kalian sanggup mencarinya di alam liar, tapi perhatikan cara kalian mengambilnya. Jangan hingga merusak masukang hingga membahayakan koloni Semut Merah. Kaprikornus tebanglah rantingnya biar aman.

Selain itu kalian harus mengambil masukang yang didalamnya ada krotonya, adapun masukang yang kosong kalian tinggal saja. Memang membutuhkan kerja keras untuk mendapat ratu. Jika anda tidak mau repot-repot alias malas mencari, cobalah membeli di toko burung yang menjual bibit kroto. Untuk harganya sekitar Rp. 150.000/liter, namun itu tiruana tergantung pada penjual di tempat kalian masing-masing.

Umumnya tiruant merah sanggup menghasilkan 1 kg kroto dalam 10 hari. Dan bila kalian mencari bibit dari alam bebas, dimasukankan untuk memdiberi makan berupa bangkai serangga yang diolesi manisan sehabis dipindahkan supaya ia cepat mengikuti keadaan di tempat yang baru.

4. Menebar Bibit Rangrang


Dari zaman lampau hingga kini kroto masih menjadi makanan pokok buat hewan pelihara Teknik Budidaya Kroto Rumahan Bagi Pemula (Panduan Lengkap)

Teknik menebar bibit cukup gampang. Letakkan tiruant rangrang pada botol plastik kemudian lubangi botol tersebut biar tiruant praktis keluar. Sesudah itu letakkan botol ke dalam sangkar atau paralon yang sudah anda siapkan. Biarkan tiruant keluar dari botolnya dan bermasukang di dalam toples atau paralon. 

5. Pemdiberian Pakan Semut Rangrang


INI poin paling penting dalam membudidayakan kroto dan tiruant rangrang. Sebab makanan yaitu sumber kehidupan baginya. Di alam bebas sendiri biasanya rangrang memakan ular, jangkrik, belalang atau serangga kecil lainnya.  jika dipelihara dirumah kalian sanggup menambahkan manisan lantaran manisan ialah makanan kesukaannya.

Tebarkan pakan tiruant di sekitar paralon, nanti mereka akan menyebar dengan sendirinya untuk menyantapnya. Selain itu anda sanggup juga memdiberinya makanan yang cantik menyerupai gula yang dicampur air.

6. Teknik Pguan Budidaya Kroto Rumahan


Dari zaman lampau hingga kini kroto masih menjadi makanan pokok buat hewan pelihara Teknik Budidaya Kroto Rumahan Bagi Pemula (Panduan Lengkap)

Sesudah kelima langkah di atas anda lakukan dengan rutin dan baik maka tips budidaya kroto selanjutnya yaitu memguan hasilnya. Bagaimana caranya? Kapan biasanya kroto sanggup dipguan?

Biasanya kroto sudah sanggup dipguan sehabis 15 hingga 20 hari. Pada ketika itu tiruant rangrang mengeluarkan banyak telur atau masukang tiruant sudah terlihat menghasilkan banyak telur. Namun dimasukankan biar pada 6 bulan pertama dari awal pengembangan biakan tidakboleh dipguan dulu.

melaluiataubersamaini begitu koloni tiruant rangrang sanggup bertambah banyak dan pguannya pun jadi stabil 2 kali dalam satu bulan.

Berikut langkah-langkah memguannya:

  • Siapkan wadah berupa 2 ember atau baskom.
  • Taburkan tepung supaya rangrang tidak sanggup naik ketika dituangkan di ember. 
  • Gunakan sarung tangan untuk mengambil masukang tiruantnya dan letakkan dalam wadah nanti tiruant akan tersaring dengan sendirinya.
  • Sesudah tiruana tersaring kembalikan masukangnya pada sangkar tempat budidaya yang sebelumnya sudah dimembersihkankan terlebih lampau biar nyaman.
Lebih lengkapnya, lihat video ini:


Baca juga: Teknik Ternak Kelinci yang Baik dan Benar untuk Pemula

Nah itulah cara budidaya kroto rumahan dengan gampang. Anda cukup modal sekitar 400.000 untuk perjuangan selama 10 tahun. Apalagi harga kroto hari ini per kilonya sekitar Rp.150.000-Rp. 250.000. Sekian terimakasih (Cantumkan sumber bila ingin copy paste).

Post a Comment for "Cara Budidaya Kroto Rumahan Bagi Pemula (Panduan Lengkap)"