Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memandikan Dan Menjemur Lovebird

Mandi ialah salah satu cara untuk menjaga dan meningkatkan setamina burung, dengan cara ini burung akan lebih fresh dan segar. Anda dapat bandingkan antara burung yang sering dimandikan dengan burung yang jarang dimandikan, niscaya akan tidak sama dan untuk setamina niscaya lebih baik burung yang dimandikan. Karena selain untuk menjaga kemembersihkanan, mandi juga sangat dianjurkan untuk menjaga setamina burung.

Sebenarnya ada banyak manfaat menjemur dan memandikan lovebird, maka dari itu sebagai penghobi lovebird sebaiknya lebih rajin lagi dalam mempersembahkan perawatan dalam hal ini. Lalu bagaimana cara memandikan lovebird yang baik dan benar? Teknik memandikan burung ini memang harus diperhatikan alasannya ialah salah-salah Anda dapat saja akan membuat burung keakungan Anda sakit.

Mandi ialah salah satu cara untuk menjaga dan meningkatkan setamina burung Teknik Memandikan dan Menjemur Lovebird

Teknik Memandikan Lovebird (LB)
Memandikan burung bergotong-royong cukup 1 kali dalam 2 hari, tapi jikalau Anda ingin setamina burung Anda lebih prima Anda dapat menambah kuantitas mandi. Sedangkan untuk cara mandinya sendiri tidak terlalu rumit, namun yang Anda perlukan spesialuntuklah kesabaran. Kenapa? alasannya ialah terkadang burung akan enggan untuk mandi, jikalau Anda paksa maka burung tersebut dapat saja Ia akan stres. Untuk itu Anda sebagai pemilik harus pandai-pandai dalam memandikan burung.

Adapun cara memandikan lovebird ialah sebagai diberikut:

1. Teknik memandikan LB anakan 
Untuk anakan cara perawatan mandinya sangatlah sederhana, namun dengan kesederhanaan itu sebaiknya Anda tetap hati-hati. Kenapa? alasannya ialah jikalau tidak maka dapat jadi air akan masuk ke hidung burung Anda dan akan menimbulkan anakan burung ini sakit.

Sedangkan untuk cara memandikan lovebird anakan sendiri ialah dengan cara diberikut:

a. Semprotlah air secara perlahan ke badan burung.
b. Pastikan penyemprotan tersebut tidak terkena mata dan hidung burung.
c. Sesudah itu Anda dapat jemur burung ini dibawah terik sinar matahari selama 2 jam.
d. Sesudah penjemuran final Anda dapat mengkredongkan kandang burung dengan kain.

2. Teknik memandikan LB dewasa 
Untuk yang cukup umur prosesnya mungkin dapat dibilang sedikit rumit, pasalnya untuk burung yang cukup umur terkadang menolak untuk dimandikan. Untuk itu Anda sebagai seorang pemilik haruslah bakir dalam memandikan burung.

Sebab sebuntut burung apabila menolak untuk dimandikan Ia akan terbang kesana-kemari, untuk mengatasi itu tiruana sebaiknya Anda lakukan cara-cara sebagai diberikut:

a. Jika burung keakungan Anda terbang kesana-kemari dan enggan untuk dimandikan, maka hal yang paling mungkin dilakukan ialah dengan cara di semprot dengan semprotan embun.
b. Sesudah itu biarkan burung tersebut sejenak, proses ini menunggu supaya burung tersebut  merasa terbiasa dengan keadaan lembap yang Ia alami.
c. Jika sang burung sudah terbiasa maka lalukan penyemprotan ibarat biasanya, lakukan penyemprotan dengan pas dan tidak terlalu basah. Kenapa? alasannya ialah burung tidak akan nyaman dengan keadaan bulu yang basah.
d. Sesudah itu gres Anda jemur burung tersebut dibawah terik matahari.
e. Jemurlah setidaknya  2 jam dibawah sinar matahari pagi.
f. Sesudah dijemur Anda dapat mengkredongkan burung tersebut atau menggantangnya.

Memandikan lovebird cukup umur atau anakan haruslah hati-hati, pasalnya air dapat saja masuk ke hidung burung dan menimbulkan burung menjadi sakit. Selain itu untuk menambah setamina Anda dapat memandikan burung hingga lembap kuyup, tapi sebaiknya tidakboleh setiap hari Anda lakukan. Kenapa? alasannya ialah selain akan membuat burung Anda merasa tidak nyaman, bulu burung yang selalu lembap juga tidak baik untuk sang burung.

Post a Comment for "Cara Memandikan Dan Menjemur Lovebird"