Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Kucing Stres Beserta Penyebab Dan Tanda Tandanya

Penyebab dan cara mengatasi kucing stres- definisi stress bukan spesialuntuk ditujukan pada manusia. Namun juga pada binatang peliharaan ibarat kucing. Stres pada kucing akan mempengaruhi emosi, mental dan sikap kucing itu sendiri. Sehingga bila mitra kawan mendapati berubah sikap atau aksara pada kucing, maka perlu diwaspadai.


Bisa jadi kucing anda sedang stress atau depresi. Memang masih banyak yang belum bisa membedakan mana kucing yang sakit dan stres, tapi sebagai owner sejati harus tetap perhatian terhadap wataknya. Kalian bisa mengetahui apakah ia stres atau sakit dengan melihat tanda-tanda atau gejala-gejalanya.

Umumnya tanda-tanda kucing stres diawali oleh penurunan nafsu makan kucing. Misalnya saja datang tiba kucing tidak mau makan dan pulas terus. Tentu saja hal ini sangat mengkhawatirkan, alasannya apabila si kucing tidak mau makan, maka secara otomatis imun tubuhnya akan melemah dan simpel terjangkit virus penyakit.

Oleh alasannya itu kita dihentikan membiarkan persoalan berlarut-larut. Kita harus sesegera mungkin mengatasi kucing yang stres. Nah kebetulan di sini hobinatang.com mempunyai waktu luang untuk mengulas terkena cara menangani kucing stres. Dilengkapi juga tanda tanda kucing stres dan penyebab-penyebabnya.

Kaprikornus selain mengetahui cara mengatasi kucing yang sedang stres, kalian juga bisa mengetahui tanda-tanda dan penyebabnya. melaluiataubersamaini begitu teman akrab bisa mencegahnya semoga tidak stres lagi.

Apa saja penyebab kucing stress dan bagaimana cara mengatasinya?

Tanda Tanda Kucing yang Stres


Penyebab dan cara mengatasi kucing stres Teknik Mengatasi Kucing Stres Beserta Penyebab dan Tanda Tandanya

sepertiyang yang kami tulis di atas bahwa mengetahui tanda-tanda kucing stress sangatlah penting. Supaya kita bisa mendiagnosa apakah memang ia sedang stress atau lantaran alasannya lainnya. Apa saja ciri ciri kucing stres?

1. Kucing Tidak Mau Makan


Tanda kucing stres paling menonjol ialah tidak mau makan sama sekali. Ingat, kondisi ibarat itu tidakboleh dipaksa makan. Sebab malah membuat ia semakin stres. Jadi, diberilah pakan bertahap dengan menyuapinya sambil dipangku dan dielus penuh kasih akung. Baca: cara mengatasi kucing yang tidak mau makan.

2. Kotoran Kucing Cair atau Mencret


Pernah gak teman akrab melihat kucing anda mencret? Jika pernah, tidakboleh menganggap sepele. Karena itu ialah salah satu tanda kucing anda sedang stres. Entah stres lantaran sakit perut atau yang lainnya. Namun biasanya kondisi ibarat ini ia sedang sakit bukan setres.

3. Kucing Menggaruk Garuk Tubuhnya


Memang menjadi hal umum apabila kucing suka menggaruk garuk bulu atau tubuhnya. Karena cara itu ialah alternatif utama untuk memmembersihkankan kutu kutu yang menempel. Akan tetapi kalau anda mendapatinya menggaruk badan secara hiperbola sehingga kulitnya merah dan luka bisa jadi ia sedang stres atau terkena jamuran.

Baca juga: Teknik Menghilangkan Jamur pada Kucing dengan Cepat

4. Kucing Sangat Sensitif


Penyebab dan cara mengatasi kucing stres Teknik Mengatasi Kucing Stres Beserta Penyebab dan Tanda Tandanya

Kucing yang normal dan sehat rohani serta jasmaninya ia tampak riang dan aktif bermain dengan pemiliknya. Akan tetapi bila teman akrab mendapati empus nya galak dan sensitif ketika diajak main maka ia sedang mengalami stres atau birahi pingin kawin.

Malah terkadang ia hingga menggigit dan mengeong dengan bunyi yang garang. Untuk itulah anda harus memperlakukan dengan sabar, elus kepala kucing dan dimanjakan.

5. Kucing Suka Tidur Terus


Penyebab dan cara mengatasi kucing stres Teknik Mengatasi Kucing Stres Beserta Penyebab dan Tanda Tandanya

Sama ibarat insan kalau lagi penat dan depresi, niscaya bawaannya pengen pulas terus. Kucing juga begitu sob. Saat ia stres biasanya lebih suka membisu dan pulas dalam waktu yang lama. Ia malas makan dan bermain. Jika dibangunkan malah mengamuk dan menggigit.

Untuk mengatasinya cobalah mengajak ia bicara dan diberi kata kata konkret supaya si empus bangun kembali dan mulai semangat untuk beraktifitas.

6. Kucing Suka Menyendiri


Selain suka pulas ketika stres, tanda yang lain ialah si kucing sering menyendiri dan berdiam diri di kandang. Ia tidak mau bergerak sama sekali dan malas diajak bermain serta jalan jalan oleh ownernya walau dipaksa sekalipun ia tetap tidak mau.

Penyebab Kucing Stres


Penyebab dan cara mengatasi kucing stres Teknik Mengatasi Kucing Stres Beserta Penyebab dan Tanda Tandanya

Yang menyebabkan kucing kita stres itu banyak sekali. Tapi secara garis besar yang membuat kucing kita stres ialah lantaran perubahan kebiasaan teladan hidup mereka secara drastis. Baik dari segi makan dan minum, perpindahan sangkar dan daerah tinggal atau kehadiran sosok yang belum ia kenal. Berikut penjelasannya secara detail dan lengkap:

1. Kucing Tinggal di Tempat yang Baru


Penyebab dan cara mengatasi kucing stres Teknik Mengatasi Kucing Stres Beserta Penyebab dan Tanda Tandanya

Faktor utama yang mempengaruhi stres pada kucing ialah perubahan daerah tinggal. Biasanya kucing yang gres dibeli membutuhkan pembiasaan untuk beberapa hari. Mungkin ia tidak pribadi aktif dan mau makan di lingkungan barunya. Karena kucing tersebut mengalami perubahan yang drastis dari teladan hidupnya.

Mulai dari pemiliknya yang tidak sama, kondisi rumahnya yang tidak sama dan mungkin sangkar atau daerah membuang kotoran yang tidak sama. Kaprikornus kawan-kawan tidakboleh gelagapan apabila mendapati kucing yang gres diadopsi selalu sedih di dalam kandang.

2. Kucing Habis Perjalanan Jauh


Penyebab dan cara mengatasi kucing stres Teknik Mengatasi Kucing Stres Beserta Penyebab dan Tanda Tandanya

Transportasi jarak jauh juga memilih tingkat kestresan pada kucing. Yang kerap mengalami persoalan ini ialah kucing ras ibarat Persia atau Anggora. Mungkin lantaran selama perjalanan ia menghadapi hal-hal yang belum pernah ia temui sebelumnya, contohnya mendengar bunyi gaduh dan bising, melihat banyak orang, atau lantaran udara yang cukup dingin akhir AC mobil.

Akan tetapi buat kucing yang sering atau sudah terbiasa melaksanakan perjalanan, tentu tidak lagi mengalami stress. Karena semenjak kecil sudah terbiasa melihat kondisi kondisi di jalanan.

3. Kucing Mendapatkan Perlakuan Buruk dari Pemiliknya


Penyebab dan cara mengatasi kucing stres Teknik Mengatasi Kucing Stres Beserta Penyebab dan Tanda Tandanya

Penyebab yang ketiga mengapa kucing kita stress ialah lantaran sikap jelek dari ownernya. Mungkin kawan-kawan tidak merasa pernah melaksanakan hal-hal jelek pada kucingnya, tapi bisa jadi anak anda yang berusia balita melaksanakan sesuatu yang bisa menyakiti kucing anda. Sehingga ia menjadi depresi dan stres.

Itulah pentingnya mengapa orang bau tanah harus mendampingi anak anak yang sedang bermain sama kucing. Terkadang anak kita memukul, membanting atau bahkan menarikdanunik buntutnya. Kejadian ini kerap sekali dialami oleh pencinta kucing yang sudah berkeluarga, mempunyai anak dan istri. Waspadalah, kalian boleh mempersembahkan pada anak anak tapi harus tetap didampingi.

4. Berdekatan melaluiataubersamaini Binatang Predator atau Buas


Penghobi binatang peliharaan umumnya tidak spesialuntuk memelihara satu jenis hewan. Kadang ia memelihara empat hingga lima jenis hewan, ada kucing, sugar glider, musang, anjing atau binatang reptil ibarat ular dan iguana. Nah kami masukankan semoga hewan-hewan buas ibarat ular dan musang dipisahkan jauh-jauh dari kucing.

Jika kandangnya didekatkan dengan musang atau binatang buas lainnya sanggup mengganggu emosi dan mental si kucing. Kalau sudah demikian bukan mustahil kucing tersebut akan stres.

5. Perubahan Iklim dan Cuaca di Rumah


Penyebab dan cara mengatasi kucing stres Teknik Mengatasi Kucing Stres Beserta Penyebab dan Tanda Tandanya

Perubahan iklim dan cuaca turut menjadi faktor dan penyebab kucing anda stres. Perubahan ini mencakup temperatur suhu, kelembaban kandang, udara dingin atau perlakuan yang kurang baik selama perubahan iklim dan cuaca.

Pada ketika isu terkini hujan atau dingin usahakan suhu sangkar tetap stabil. Khususnya bagi anak kucing yang gres lahir atau masih kecil, mereka membutuhkan daerah yang hangat, tidak lembab dan nyaman.

6. Kucing Sedang Sakit


Penyebab dan cara mengatasi kucing stres Teknik Mengatasi Kucing Stres Beserta Penyebab dan Tanda Tandanya

Sama ibarat kita kalau sakit terlalu lama niscaya rasanya membosankan. Begitu juga yang dialami ketika kucing sedang sakit, mereka akan merasa sedikit tersiksa dengan keadaan tubuhnya yang susah untuk beraktifitas. Apalagi yang sakit penggalan kaki ibarat lumpuh.

Sudah niscaya si kucing akan susah berjalan dan yang bisa ia lakukan spesialuntuklah pulas berdiam diri di kandang. Sebagai owner harus sigap dan segera mengobati penyakit yang sedang menimpanya. Karena sikap masbodoh dan tidak peduli terhadap kucingnya lah yang membuat si empus stres. Silahkan baca, 9 Penyakit Pada Kucing dan Teknik Mengobatinya

Selain itu, sakit yang tidak kunjung sembuh juga bisa menyebabkan kucing anda stres.

7. Induk Kucing Kehilangan Anaknya


Penyebab dan cara mengatasi kucing stres Teknik Mengatasi Kucing Stres Beserta Penyebab dan Tanda Tandanya

Tidak diragukan lagi induk kucing yang kehilangan anaknya akan selalu mencarinya hingga ketemu. Jikalau tidak ketemu tentu ia akan stres. Emosionalnya mulai naik dan selalu mengeong terus menerus. Baik siang maupun malam hari. Bahkan tidak menutup kemungkinan induk kucing akan pergi dari rumah anda.

Perlu digarisbawahi, maksud kehilangan di sini bukan spesialuntuk hilang tanpa wujud. Tapi juga hilang akhir mati atau diadopsi sebelum waktunya.

8. Jarang Dikawani dan Diajak Main


Salah satu aksara kucing ialah senang bermain dengan pemiliknya. Sebab ia akan merasa bosan apabila teladan hidupnya spesialuntuk makan pulas, makan pulas tanpa ada acara yang bisa menciptakannya bahagia. So, Buatlah ia senang minimal anda mempersembahkan mainan kucing kalau sedang sibuk dengan urusan dunia. Teknik membuat kucing bahagia sendiri sangatlah gampang. Kami pernah mengulasnya di web hobinatang.com.

9. Kucing Stres Karena Terlalu Lama Hidup Sendiri


Penyebab dan cara mengatasi kucing stres Teknik Mengatasi Kucing Stres Beserta Penyebab dan Tanda Tandanya

Semua makhluk mempunyai hawa nafsu dan membutuhkan lawan jenis sebagai pelampiasan nafsunya. Itulah fitrah tiruana makhluk yang bernyawa. Adapun untuk binatang ada istilah yang namanya birahi. Kalau diartikan dalam bahasa Indonesia ialah masa masa pengin kawin dengan pasangannya.

Nah andai si kucing sudah memasuki masa birahi, namun tidak segera menemukan pasangan, maka biasanya si kucing akan stres dan hidupnya kurang bergairah. Sehingga tidak heran bila isu terkini kawin sudah tiba, banyak kucing betina yang hamil dan melahirkan. Itu tiruana lantaran keganasan si kucing jantan. haha

10. Kucing Depresi Sesudah Melahirkan Anaknya


Kerap dijumpai kasus-kasus ibarat ini. Ketika belum saatnya melahirkan, akan tetapi kucing tersebut sudah melahirkan (lahir prematur). Maka yang terjadi biasanya kucing menjadi stres. Stresnya ditandai dengan memakan anaknya sendiri atau membunuh anaknya. Mungkin si induk merasa kalau dirinya tidak mampu. (entahlah, spesialuntuk Tuhan yang tahu)

Baca: cara merawat kucing hami hingga melahirkan yang baik dan benar

Itulah 6 tanda-tanda kucing stress dan 10 penyebabnya. Lalu bagaimana cara mengatasi kucing stres dengan baik dan benar?

Teknik Mengatasi Kucing Sedang Stres


Penyebab dan cara mengatasi kucing stres Teknik Mengatasi Kucing Stres Beserta Penyebab dan Tanda Tandanya

INI inti dari pembahasan tema sekarang. Mengatasi kucing stres itu cukup gampang. Jika kalian sudah mengetahui tanda-tanda dan penyebabnya, tentu tidak perlu dipusingkan lagi dalam menangani persoalan ini.

1. Mengatasi Stres Akibat Masalah Adaptasi


Cobalah kalian analisa, andaikan stres nya akhir tinggal di daerah yang baru. Maka teman akrab cukup mengenalkan lingkungan sekitar, silahkan ajak berkeliling ke tiruana ruangan yang ada di rumah anda. Sekalian teman akrab bisa melatih toilet pelatihan (pup di toilet). Selain itu kenalkan juga dengan anggota keluarga anda di rumah. Sehingga si kucing tidak kaget dan stress.

2. Menangani Kucing Stres Karena Bosan


Penyebab dan cara mengatasi kucing stres Teknik Mengatasi Kucing Stres Beserta Penyebab dan Tanda Tandanya

Kita tiruana tahu kalau bosan maka membutuhkan refreshing atau piknik bukan? So, ajaklah kucing anda bermain di luar halaman rumah. Kalau tidak, ajaklah si empus jalan-jalan ketika pagi dan sore. melaluiataubersamaini begitu kucing anda akan senang dan stress nya hilang.

3. Menjaga Anak Kucing melaluiataubersamaini Baik


Agar induk kucing tidak stress jagalah anak kucing dengan baik. Masukkan sangkar semoga tidak hilang. Berikan masakan yang baik baik semoga sehat dan tidak mati. Baca saja: 7 Teknik Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir

4. Hindari Marah dan Berbuat Kasar pada Kucing


Penyebab dan cara mengatasi kucing stres Teknik Mengatasi Kucing Stres Beserta Penyebab dan Tanda Tandanya

Menghilangkan stress kucing bisa dengan perlakuan yang lemah lembut padanya. Seringlah dibelai dan dimandikan supaya merasa diperhatikan dan dirawat. Hindari murka dan berbuat kasar pada kucing anda. Karena itu tiruana bisa menciptakannya trauma dan takut pada anda.

5. Memdiberikan Pasangan


Penyebab dan cara mengatasi kucing stres Teknik Mengatasi Kucing Stres Beserta Penyebab dan Tanda Tandanya

melaluiataubersamaini mempersembahkan pasangan hidup bisa mengurangi stress pada kucing. Sebab nafsunya bisa tersalurkan pada ketika isu terkini kawin. Toh, kita juga kalau terlalu lama men-jomblo niscaya juga akan stres kan?

Baiklah sekian saja dari kami klarifikasi yang sangat panjang wacana cara mengatasi kucing stress beserta tanda-tanda dan penyebabnya. Selebihnya teman akrab analisa sendiri dengan melihat sebab-sebabnya. Sampai jumpa Onty, dishare ya. :)

Post a Comment for "Cara Mengatasi Kucing Stres Beserta Penyebab Dan Tanda Tandanya"