Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cenderawasih Biru, Keindahan Yang Hampir Musnah

Burung ialah salah satu spesies binatang yang sangat bermacam-macam variasinya. Mulai dari ukuran kecil hingga besar atau dari penampilan biasa hingga menarikdanunik dan dipenuhi warna. Kebanyakan burung yang menarikdanunik perhatian banyak orang yaitu burung berwarna menyerupai cenderawasih putih,cenderawasih kuning burung berwarna serta indah dipandang yaitu burung cenderawasih. Cenderawasih sendiri mempunyai berbagai jenisnya. Pada peluang ini, kita akan mengulas wacana burung cenderawasih yang sudah hampir punah. Jenis dari burung hampir punah ini yaitu cenderawasih biru. Dari penampilan, hal mencolok dari jenis biru tentunya yaitu corak biru pada bulu mereka. Berikut kita ulas lebih dalam wacana spesies biru.(Baca juga: jenis cendrawasih yang paling banyak diburu)

Burung ialah salah satu spesies binatang yang sangat bermacam-macam variasinya Cenderawasih Biru, Keindahan yang Hampir Musnah

Habitat Cenderawasih Biru
Seperti jenis lainnya, cenderawasih spesialuntuk sanggup dijumpai di area Indonesia bab timur, khususnya kawasan Papua. Spesies di atas memang berasal dan ialah binatang khas papua. Habitatnya sendiri memang istimewa. Hewan ini spesialuntuk sanggup dijumpai di area pepegununganan saja. Ketinggian dimana anda sanggup menemukan jenis biru ini berada sekitar 1.400 hingga 1.800 meter di atas permukaan laut. Selain itu, kebanyakan spesies juga spesialuntuk terdapat di area papua nugini. Sangat jarang sekali sanggup ditemukan sekitar area papua bab Indonesia dan itupun terkadang berada sekitar area perbatasan.

Ciri-Ciri Burung Cenderawasih Biru
Sering kita menemui jenis cenderawasih dan tentunya kebanyakan dari spesies mereka mempunyai warna yang menarikdanunik. Teknik membedakan jenis ini dengan lainya tentunya dari ciri khas yang hadir pada spesies biru. Berikut ialah beberapa ciri khas cenderawasih biru:

1. Paruh berwarna putih kebiru biruan
2. Terdapat warna hitam serta biru di badan
3. Warna kak abu-abu
4. Di area mata, ada dua buah setengah lingkaran berwarna putih
5. Iris mata mempunyai warna coklat tua
6. Bagian akup mempunyai warna biru yang cenderung terang

Salah satu hal unik pada spesies cenderawasih warna biru maupun lainnya yaitu bagaimana mereka berkembang biak. Seperti jenis burung lainnya,(simak juga: cendrawasih hitam) mereka berkembang biak dengan bertelur, namun proses pemikatan pasangannya lah yang unik. Spesies cenderawasih memikat lawan jenisnya dengan cara menari. Mereka akan menari menandakan keindahan bulu mereka guna menarikdanunik sang betina. Tarian akan dilakukan sendiri dan tidak berkelompok sehingga betina akan hadir kepada sang jantan jikalau tertarik. Uniknya lagi, sang jantan bukan tipe setia, namun cenderung tipe poligami. Sesudah membuahi satu betina, sang jantan akan pergi dan mencari betina lagi. Adapun beberapa cara membedakan penampilan antara betina dan jantan.

Ciri Khas Cenderawasih Jantan
Jenis jantan sanggup dibedakan dari beberapa ciri:
1. Pejantan mempunyai ciri dari sisi bulu jumpai di sisi dada dimana bulu tersebut akan berwarna coklat jikalau dilihat dari bawah.
2. Pada bab buntut terdapat dua bulu menyerupai tali Panjang dan berwarna hitam. Pada ujungnya membulat disertai warna biru.
3. Bagian dada burung akan mempunyai lingkaran oval berwarna hitam dan tepinya berwarna merah.

Ciri Khas Cenderawasih Betina
Betina juga mempunyai ciri khasnya sendiri, yaitu:
1. Ukuran tubuh lebih kecil
2. Bulu hiasan Panjang hitam tidak ada
3. Pada bab tubuh bawah berwarna coklat kemerahan.

Itulah ulasan lengkap terkena cenderawasih biru. Seperti klarifikasi awal,(simak juga: cendrawasih raja) binatang ini masuk ke dalam jajaran binatang dilindungi. Hal tersebut dikarenakan jumlahnya yang kian hari makin menipis alasannya yaitu habitat yang tergerus oleh pencemaran dan mengecilnya hutan. Karena itu spesies ini tidak boleh untuk dipelihara dan akan didiberikan sangsi bagi yang memeliharanya secara ilegal.

Post a Comment for "Cenderawasih Biru, Keindahan Yang Hampir Musnah"