Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri-Ciri Burung Tledekan Kembang / Decu

Burung Tledekan ada banyak jenisnya. Mulai dari Tledekan Gunung yang disebut juga Tledekan Bambu atau Tledekan Pring (bahasa jawa, pring = bambu), kemudian ada Tledekan laut, ledakan Kembang, dan lain-lain (lihat selengkapnya: jenis tledekan).

 mulai dari kepala di belakang leher dan akup sebuntut Ciri-Ciri Burung Tledekan Kembang / Decu

Khusus untuk Tledekan Kembang, burung ini mempunyai warna bulu coklat, mulai dari kepala di belakang leher dan akup sebuntut. Sedangkan di bawah dagu sampai bab perut, warna bulunya didominasi oleh warna orange atau orange pastel. Kemudian pada bab pantat sampai bawah buntut, burung ini mempunyai warna bulu putih.

Beberapa Tledekan Kembang lainnya mempunyai warna yang didominasi oleh warna petang menyerupai hitam kecoklatan kemudian terdapat garis-garis putih di sekitar mata ke belakang dan juga di bab akup. Sedangkan bab dada dan perut tampak sama mempunyai warna orange. Bagian buntut terlihat mengembang terdapat guratan warna putih yang didominasi bulu berwarna hitam.

Perawatan Tledekan Kembang
Perawatan Burung Tledekan Kembang meliputi: perawatan sangkar, perawatan burung setiap hari dan juga mastering.

A. Sangkar
Sangkar burung setidaknya harus selalu dalam keadaan membersihkan supaya burung tidak simpel terkena penyakit. Selain itu, cobalah mengganti air minumnya setiap hari.

B. Setting Harian
1. Sedangkan perawatan harian dan mastering, sanggup dimulai pada pagi hari. Pada pukul 07.00 burung sanggup diangin-anginkan selama kurang lebih 30 menit kemudian dimandikan dan selanjutnya dijemur.
2. Penjemuran burung dilakukan kurang lebih 2 jam sembari didiberi makan berupa 3 atau 4 buntut jangkrik serta didiberikan kroto 1 sendok teh.
3. Pada siang hari, sanggup diperdengarkan master atau bunyi burung lain.
4. Pada sore hari burung kembali diangin-anginkan dan didiberikan makanan ekstra menyerupai jangkrik. Jumlahnya boleh 3/4 buntut saja.
5. Menjelang senja, sekitar pukul 18.00, burung sanggup di-kerodong dan diperdengarkan master sampai keesokan paginya.

Baca juga perihal: cara membedakan tledekan jantan dan betina.

Post a Comment for "Ciri-Ciri Burung Tledekan Kembang / Decu"