Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Ciri Burung Branjangan Jawa Lengkap

Burung Brantidakboleh banyak tersebar di beberapa pulau di Indonesia, mulai dari bab timur menyerupai Papua, kemudian ada juga di Nusa Tenggara menyerupai Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. Selain itu, burung ini juga sudah banyak ditemukan di Pulau Jawa (baca: jenis brantidakboleh).

Di antara beberapa kawasan yang cukup populer mempunyai Brantidakboleh anggun yaitu Jawa Tengah menyerupai kawasan Wates dan Kulon Progo, kemudian di Jawa Barat terutama yang berasal dari kawasan Sapan, selanjutnya Jawa Timur juga populer mempunyai Brantidakboleh yang juga anggun (lihat juga: harga brantidakboleh).

Burung Brantidakboleh banyak tersebar di beberapa pulau di Indonesia Mengenal Ciri Burung Brantidakboleh Jawa Lengkap

Brantidakboleh Jawa
Khusus untuk Brantidakboleh yang berasal dari kawasan Jawa, kita akan mengulas Brantidakboleh yang berasal dari Jawa Barat Jawa, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Burung Brantidakboleh tersebut secara fisik sedikit tidak sama. Walaupun apabila dilihat pribadi secara kasat mata, referensi bulu dan warnanya cenderung sama.

A. Brantidakboleh Jawa Barat
Daerah Sapan sudah populer sebagai salah satu penghasil Burung Brantidakboleh yang sangat bagus. Beberapa kelebihan burung yang berasal dari kawasan ini diantaranya adalah, suaranya yang melengking dan terdengar jernih, mempunyai jambul, ukuran rata-rata burung yang berasal dari Jawa Barat berkisar antara 12 cm sampai 13 cm. Ukuran tersebut tentunya terlihat lebih kecil dibandingkan dengan ukuran Burung Brantidakboleh yang berasal dari Jawa Tengah.
Selain tidak sama dari segi ukuran tubuhnya, warna bulu burung yang berasal dari Jawa Barat cenderung lebih petang dibandingkan dengan yang berasal dari kawasan lain.

B. Burung Brantidakboleh Jawa Tengah
Di Jawa Tengah juga banyak ditemukan berung ini, terutama di provinsi D.I Yogyakarta. Berapa kawasan yang banyak disebut-sebut yaitu wilayah Wates, dan Kulon Progo.
Burung yang berasal dari Jawa Tengah juga banyak disukai oleh para peternak alasannya yaitu Burung Brantidakboleh Jawa Tengah mempunyai bunyi yang juga keras, praktis untuk diisi dengan aneka macam jenis masker, mempunyai corak warna yang sedikit lebih jelas dibandingkan dengan Burung Brantidakboleh Jawa barat.
Secara fisik, Burung dari Jawa Tengah tesebut berukuran sedikit lebih besar dibandingkan dengan Burung Brantidakboleh Jawa Barat. Rata-rata ukuran burung dari Jawa Tengah sekitar 12 sampai 14 cm. Walau demikian, beberapa kawasan menyerupai Kulon Progo atau Wates populer mempunyai Burung Brantidakboleh yang referensi batiknya lebih indah dan lebih menarikdanunik.

C. Brantidakboleh Jawa Timur
Brantidakboleh Jawa Timur mempunyai ciri-ciri bulu yang terlihat lebih cerah di bab warna coklatnya. Kemudian bab petangnya tidak terlalu petang sehingga tampak lebih cerah dibandingkan dengan burung yang berasal dari Jawa Tengah maupun dari luar kawasan menyerupai Bali dan Borneo.
Secara fisik, ukuran Burung Brantidakboleh dari Jawa Timur menyerupai dengan Burung Brantidakboleh dari Jawa Tengah.

Baca juga cara membuat sangkar brantidakboleh.

Post a Comment for "Mengenal Ciri Burung Branjangan Jawa Lengkap"