Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ikan Mas Koki Oranda: Mengenal Ciri Ciri Dan Cara Merawatnya

Ikan mas koki oranda- Orang Jepang menyebut ikan oranda dengan nama Shishigasira, orang China menyebutnya Mao Tze yang bermakna bunga air. Sedangkan orang Indonesia ada yang menyebutnya ikan Penser. Namun pada dasarnya, ikan mas koki tersebut lebih populer dengan sebutan Oranda. Ikan oranda memang termasuk ikan yang sangat populer di seluruh dunia bila dibandingkan dengan ikan mas koki jenis lainnya.

Oleh lantaran itulah ikan oranda harganya relatif mahal, alasannya yaitu peminatnya sangat banyak. Habitat orisinil ikan mas koki oranda ada di China dan Jepang. Akan tetapi ketika ini sudah banyak ditemukan di Indonesia. Karena sudah banyak yang mulai membudidayakan ikan tersebut.

Ciri Ciri dan Teknik Merawat Ikan Mas Koki Oranda


 Orang Jepang menyebut ikan oranda dengan nama Shishigasira Ikan Mas Koki Oranda: Mengenal Ciri Ciri dan Teknik Merawatnya

Ciri ciri ikan oranda sendiri praktis dikenal, di antaranya yaitu mempunyai jambul di atas kepalanya, sampai terkadang menutupi mata dan mukanya. Jambul tersebut berupa tonjolan seolah-olah jenong louhan yang di dalamnya meliputi daging serta cairan cairan yang dinamakan "wen". Perlu teman bersahabat ketahui bahwa daging yang ada pada jambul atau jenong tersebut sangat rentan untuk terkena jamur dan basil sehingga anda harus benar benar hati hati dalam merawatnya.

Adapun cairan yang berjulukan "wen" akan muncul pada ikan mas koki oranda di usia 3-4 bulan dan akan terlihat tepat pada usia 2-2,5 tahun. Jika jambul sudah mulai sempurna, maka akan lebih terlihat menarikdanunik dan indah dilihat. Ciri lainnya yaitu sisiknya berkilau, sirip ujungnya sangat panjang bahkan panjangnya sanggup melebihi 4 kali lebih panjang dari tubuhnya sendiiri, kalau berenang ujung tersebut akan melambai lambai dengan indahnya.

Kemudian, bentuk tubuhnya lingkaran dan besar serta setiap sirip dan ujungnya diciptakan berpasangan kecuali sirip punggung spesialuntuk ada satu. Keindahan dan keunikan yang lain dari ikan mas koki oranda ialah ujung dan serip akan mengembang layaknya bunga mekar ketika mereka berhenti berenang. Makanya tidak heran kalau orang China menyebutnya dengan "bunga air".

Di samping itu, ikan oranda juga sanggup tumbuh mencapai 30 cm panjangnya. Bagi pemula sebelum tetapkan untuk membeli ikan mas koki oranda ada baiknya mencari gosip terlebih lampau terkait warna dan jenisnya. Sebab, ikan oranda mempunyai warna yang bervariasi. Ada merah kombinasi putih, hitam, coklat, belacu dan ketika ini ada yang membudidayakan dengan warna biru namun masih jarang dijumpai.

Ikan mas koki oranda yang berwarna hitam inilah yang sanggup dibilang sangat seolah-olah dengan ikan mas koki jenis lionhead. Warnanya sama sama hitam, bentuk tubuhnya sama sama bula. Bedanya spesialuntuk ada pada sirip punggung. Oranda mempunyai sirip punggung dan lionhead tidak. Adapun harga ikan mas koki oranda ketika ini berkisar Rp. 50.000 untuk anakan sekitar 10 cm panjangnya.

Untuk perawatannya cukup gampang, ia sanggup tumbuh dengan baik spesialuntuk pada suhu air 17-28 derajat celcius.  Selengkapnya silakan baca: Teknik Merawat Ikan Mas Koki Agar Tidak cepatdangampang Mati

Baiklah, itu saja ulasan kami wacana ikan mas koki oranda yang sangat popupler dan diminati banyak orang lantaran praktis perawatannya serta menarikdanunik bentuknya. Silakan teman bersahabat kalau ingin memeliharanya sanggup membeli di toko ikan hias tempat anda. Sekian dari kami terimakasih.

Post a Comment for "Ikan Mas Koki Oranda: Mengenal Ciri Ciri Dan Cara Merawatnya"