Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kumpulan Banyak Sekali Variasi Jenis Burung Kacer Terbaik Dan Terpopuler Ketika Ini

Penghobi burung atau yang suka berternak, tentu sudah tidak abnormal dengan nama Kacer, jenis burung yang cukup liar, sedikit susah dijinakkan namun mempunyai prospek yang cukup cerah sebab sanggup diisi dengan banyak sekali jenis master.

Beberapa orang mengkategorikan burung ini menurut asalnya, misalnya, Burung Kacer Jawa, Burung Kacer Sumatera, Burung Kacer Kalimantan, dan lain-lain. Dan sebagian juga ada yang mengkategorikannya menurut ciri fisik, contohnya Burung Kacer Blorok, Burung Kacer Dada Hitam, Burung Kacer Madagaskar, dan lain-lain. Pemdiberian nama tersebut lalu menjadi sangat rancu, terlebih jikalau ternyata Burung Kacer Jawa juga disebut sebagai Burung Kacer Dada Hitam yang tentunya tidak ada perbedaan.

Penghobi burung atau yang suka berternak Kumpulan Berbagai Variasi Jenis Burung Kacer Terbaik dan Terpopuler Saat Ini

Karena penamaannya yang rancu dan sedikit membingungkan tersebut, penulis akan mencoba memakai spesies dari burung ini biar lebih muda dikelompokkan.

Bagi Anda yang pemula dan ingin mengetahui banyak sekali jenis dari Burung Kacer, diberikut ialah beberapa citra yang mungkin sanggup Anda jadikan sebagai patokan jikalau ingin memelihara salah satu burung tersebut atau ingin menjadi breeder.

A. Copsychus Saularis Pluto
Jenis Burung Kacer Dada Hitam ialah pecahan dari Copsychus Saularis Pluto. Burung ini menyebar di wilayah timur Kalimantan ibarat di Pulau Maratua, Kalimantan Selatan dan juga Kalimantan Utara, termasuk di Malaysia.

B. Copsychus Saularis Amoenus
Burung ini juga dikenal di Indonesia dengan nama Burung Kacer Dada Hitam, namun tersebar di Pulau Bali dan Jawa.

C. Copsychus Saularis Adamsi
Burung Dada Hitam selanjutnya yang tersebar di wilayah Kalimantan Utara, Malaysia, Brunei dan beberapa ditemukan di Kalimantan Barat juga termasuk salah satu burung yang sering dilombakan.

D. Copsychus Saularis Musicus
Berbeda dengan 3 ras Burung sebelumnya, burung ini dikenal di Indonesia dengan nama Kacer Dada Putih atau Kacer Poci atau Kacer Sekoci. Penyebarannya berada di Jawa Barat, Sumatera Seperti Nias, Bangka dan Belitung lalu di tempat Jawa, dan beberapa juga ditemukan di wilayah Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan.

Jenis Kacer Berdasarkan Ciri Fisik
Selain menurut ras, di Indonesia jenis Burung Kacer juga dibedakan menurut ciri fisik, dan umumnya lebih dikenal oleh para beredar maupun pecinta burung dibandingkan dengan menurut ras.

1. Burung Kacer Dada Hitam
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Burung Kacer Dada Hitam tersebar di beberapa pulau ibarat Pulau Kalimantan, Malaysia Timur, Pulau Jawa dan juga terdapat di Pulau Bali.
Ciri-ciri burung ini sangat praktis dikenali sebab bulunya yang identik berwarna hitam. Terdapat guratan berwarna putih di pecahan akup serta di pecahan ujung.

2. Burung Kacer Dada Putih
Jenis burung ini dikenal juga dengan sebutan Burung Kacer Poci atau Burung Kacer Sekoci. Soal asal dan penyebarannya, Anda sanggup melihat pada poin sebelumnya yaitu pada ras Copsychus Saularis Musicus.

3. Burung Kacer Madagaskar
Burung Kacer Madagaskar mempunyai ciri-ciri fisik yang sama dengan Kacer Dada Putih namun bedanya, burung ini mempunyai warna kebiru-biruan pada pecahan kepala dada dan punggung menggantikan warna hitam pekatnya.

4. Burung Kacer Blorok
Sedangkan untuk Burung Kacer Blorok, ciri-ciri fisiknya sedikit tidak sama dengan Burung Kacer yang lain, baik dada putih maupun dada hitam. Terlihat lebih bervariasi dan dikenali dengan bulunya yang tampak belang di pecahan leher, perut, akup maupun punggungnya.

Pengkategorian Lainnya
Selain membedakan jenis Kacer menurut ciri-ciri fisik dan ras, di Indonesia burung ini juga dibedakan menurut asalnya.

Beberapa contohnya adalah, Burung Kacer Tasik yang berasal dari Jawa Barat. Ciri-ciri fisiknya hampir sama dengan Burung Kacer Blorok. Kemudian ada juga Burung Kacer Kalimantan, Burung Kacer Sumatera, ada juga Burung Kacer Jawa, dan Burung Kacer Madagaskar.

Namun jenis Burung Kacer menurut asal atau tempat penyebarannya sangat susah membedakannya sebab Burung Kacer yang ada di Kalimantan serta di Jawa terkadang sama ciri-ciri fisiknya.

Baca juga tips wacana cara melatih mental kacer.

Post a Comment for "Kumpulan Banyak Sekali Variasi Jenis Burung Kacer Terbaik Dan Terpopuler Ketika Ini"