Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Burung Kacer Kalimantan

Terdapat setidaknya 3 jenis Burung Kacer Kalimantan yang dikenal ketika ini, diantaranya adalah:

1. Ras Copsychus Solaris Musicus. Ciri-ciri untuk burung ini adalah, warna lebih banyak didominasi hitam dan warna putih yang terdapat pada berut sampai pantat. Di Indonesia jenis ini lebih banyak disebut sebagai Burung Kacer Poci atau Burung Kacer Sekoci atau sebagian orang menyebutnya Burung Kacer Dada Putih.

2. Ras Copsychus Saularis Pluto. Penyebarannya berada di Pulau Kalimantan bab utara dan timur serta tenggara. Burung ini lebih dikenal dengan nama Kacer Hitam atau Kacer Dada Hitam. Ciri-cirinya, burung berwarna hitam pekat diseluruh tubuh. melaluiataubersamaini guratan putih di pinggir akup.

3. Ras Copsychus Saularis Adamsi. Selain kedua jenis ras diatas, bekerjsama ada satu lagi burung yang hidup di Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur mempunyai ciri yang sama dengan Dada Hitam .
 warna lebih banyak didominasi hitam dan warna putih yang terdapat pada berut sampai pantat Mengenal Burung Kacer Kalimantan

Jadi, secara garis besar burung yang ada di Kalimantan dengan burung yang ada di Jawa maupun di beberapa pulau lain termasuk Pulau Bali dan Pulau Sumatera mempunyai kesamaan ciri-ciri.

Burung Kacer dada hitam misalnya, burung ini selain ditemukan di Pulau Kalimantan juga tersebar di beberapa pulau lain termasuk Pulau Bali dan Pulau Jawa. Begitu juga dengan Kacer Dada Putih.
Burung tersebut juga banyak kita temukan di beberapa wilayah Kalimantan ibarat di Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan. Kemudian, jenis Burung Kacer Dada Putih juga sanggup kita temukan dengan simpel di Pulau Sumatera diantaranya yakni Pulau Belitung, Pulau Nias, dan lain-lain.

Jadi, bila kita menarikdanunik kesimpulan bahwa Burung Kacer Kalimantan spesialuntuklah istilah untuk menggambarkan Burung Kacer yang wilayah penyebarannya berada di Pulau Kalimantan, maka hal tersebut sah-sah saja. Sedangkan jenisnya sanggup sangat bermacam-macam mulai dari Kacer Dada Hitam atau Kacer Poci yang disebut juga Kacer Dada Putih (baca juga: jenis kacer terbaik ketika ini).

Post a Comment for "Mengenal Burung Kacer Kalimantan"