Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Ciblek Burung Macet Bunyi

Jika Anda yaitu seorang Ciblekmania, Anda niscaya tahu dengan penyebab Ciblek macet bunyi. Burung ini sama dengan burung kicau pada umumnya. Kala ada sebuah masalah, ia niscaya akan macet suara dan enggan untuk kerkicau sebagaimana mestinya.

Hal ini pastilah menjadi tamparan tersendiri untuk sang pemilik, apalagi kalau kejadian ini berlangsung pada kontes burung. Bagaimana tidak, setelah sekian usang dilatih dan ditempa, ternyata sang burung tiba-tiba macet bunyi. Walaupun ia masih sanggup berkicau, namun kicauan tersebut tidaklah segacor biasanya.

 Anda niscaya tahu dengan penyebab Ciblek macet suara Penyebab Ciblek Burung Macet Bunyi

Saat kondisi ini terjadi, ada baiknya lakukan penanganan dengan menghentikan segala kegiatan yang sanggup memperparah keadaan. Adapun kegiatan yang dimaksud itu menyerupai perlakuan yang keras dan menyiksa, pemdiberian pakan yang sembarang, dan penempatan kandang yang sembarang.

Penyebab Burung Ciblek Macet Berkicau
Selain mengetahui kegiatan yang dihentikan dilakukan, Anda juga harus tahu bermacam-macam penyebab yang membuat burung ini malas dan enggan untuk berkicau. Untuk lebih jelasnya, diberikut yaitu beberapa penyebab yang membuat burung ini macet bunyi:

1. Kalah mental
Kondsi umumnya terjadi ketika kontes, latber, atau pun ngtrek. Saat sebuntut burung kalah skill, umumnya ia akan kalah mental dan cenderung menjadi pendiam. Untuk membangkitkan mental burung, biasanya pemilik akan melatihnya kembali dengan petes mental khusus, menyerupai petes tiang bendera, latber mini, atau pun petes yang lainnya.

2. Sakit
Jika kondisi burung sedang sakit, maka tidakboleh harapkan performa yang terbaik darinya. Karena bagaimana pun, burung yang sedang sakit itu akan mengalami penurunan performa. Saat penyebab Ciblek malas berkicau ini terjadi, maka cara terbaik yaitu dengan menyembuhkan penyakitnya dan melaksanakan petes ulang.

3. Kaget dengan rujukan perawatan yang tidak sama
Beda tangan, maka beda juga perawatan yang didiberikan. Itulah sedikit alasan kenapa burung yang gres dibeli di pasar cenderung lebih pendiam ketimbang ketika ia berada di pasar. Alasannya, burung sendiri akan sensitif dengan perawatan yang baru, jadi ketika ia mendapat perawatan yang beda dari yang biasanya, maka ia pun akan kaget dan malas untuk berkicau.

4. Terpaku pada kebosanan
Perlu Anda ketahui, Ciblek sendiri yaitu satu dari beberapa burung yang simpel bosan. Jadi, ketika ia sedang bosan, ia akan cenderung lebih pendiam dan malas untuk bunyi. Saat hal ini terjadi, segeralah atur ulang suasana lingkuan sekitar burung akan menjadi lebih asyik dan nyaman untuk burung.

5. Kualitas pakan yang jelek
Burung juga punya seleranya sendiri. Saat ia mendapat kualitas pakan yang jelek, hal paling simpel yang sanggup Anda cermati yaitu ketidakmauan untuk makan. Namun selain hal ini, ada beberapa ciri lain yang simpel dikenal, yaitu pendiam. Pendiam sendiri yaitu ciri dari kondisi kesehatan burung yang dinilai buruk dan tidak bagus.

Penyebab Ciblek macet suara di atas umumnya terjadi sebab kelalaian pemilik. Makara ketika kondisi ini terjadi, maka tidakboleh salahkan burung apabila ia menjadi pendiam dan enggan untuk berkicau. Jika kondisi ini dibiarkan, maka kualitas burung pun akan perlahan menurun dengan sendirinya.

Post a Comment for "Penyebab Ciblek Burung Macet Bunyi"