Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Merawat Burung Kenari Untuk Calon Juara Lomba

Burung kenari memang tidak sepopular lovebird atau murai batu. Tapi banyak orang yang suka memelihara burung yang warna-warni ini. melaluiataubersamaini perawatan yang cukup praktis dan harga yang lebih murah. Banyak orang yang menimbulkan burung kenari ini ikut dalam perlombaan. Ada beberapa jenis burung kenari yang mempunyai bunyi bagus. Supaya suaranya semakin gajor, anda harus dapat merawatnya dengan baik. Untuk perawatannya memang tidak begitu susah, biayapun murah meriah. Secara umum ada tiga jenis yaitu warna, postur dan suara. Jika anda ingin lomba untuk suaranya berarti menentukan jenis yang mempunyai bunyi bagus. Berikut ini tips merawat burung kenari yang dapat menjadi calon juara lomba. (baca juga : cara merawat kenari biar juara)

Burung kenari memang tidak sepopular lovebird atau murai watu Tips Merawat Burung Kenari Untuk Calon Juara Lomba

Berikan EF Secara Rutin
Berikan tambahan EF (extra fooding) untuk pakan tambahan. Kaprikornus selain pakan biji-bijian anda dapat mempersembahkan sayuran dan buah yang sesuai. Berikan variasi makanannya secara menyeluruh. Untuk jenisnya, diberikan jenis yang lembut dan tidak terlalu keras. Karena akan merusak paruh dari burung kenarinya. Anda dapat membuat pecahan kecil-kecil, kemudian mempersembahkannya kepada burung secara rutin. Letakkan pada kawasan sendiri tidakboleh dicampur dengan masakan utamanya.

Jangan Berikan Makan Berlebihan
Jangan pernah diberikan masakan ke burung kenari terlalu berlebihan. Anda harus dapat mempersembahkan sesuai dosis yang tepat. Memdiberi masakan secara berlebihan, dapat membuat kesehatan dan penampilan burung kenari kurang bagus dan terganggu. Bisa membuat berat tubuh burung terlalu hiperbola dan membuat malas berbunyi. Oleh sebab itu anda harus dapat mempersembahkan dosis makanannya secara tepat. Misalnya untuk biji-bijian sekitar 1/3 dari cukup masakan saja. Jangan terlalu banyak.

Berikan Tambahan Daun Hijau
Tips merawat burung kenari selanjutnya yaitu dengan mempersembahkan tambahan daun hijau. Seperti daun mengkudu, flora krokot dan lainnya. Tambahan flora ini dapat membuat bunyi burung kenari semakin bagus. Bahkan suaranya akan semakin jernih dan tinggi. Untuk pemdiberian makanannya juga harus diperhatikan dengan sebaik mungkin. Jangan asal menentukan masakan dan dengan dosis yang tepat. Setiap jenis tambahan daun hijau, dapat mempersembahkan manfaat yang tidak sama-beda. Cari tahu wacana manfaat daun hijau tersebut, sebelum memdiberi makanannya.

Berikan Tambahan Egg Food
Pada ketika merawat burung kenari, wajib mempersembahkan egg food (soft food). Makanan ini dipakai untuk membuat stamina burung semakin kuat. Anda tinggal menggantungkan egg food di dalam sangkar. Buatlah telur rebus yang dicampur dengan beberapa materi lainnya. Jangan diberikan setiap harinya. Berikan beberapa ahad sekali. Egg food ini dijadikan masakan pengganti dari masakan utama. Selain itu anda juga dapat mencampurkan sedikit egg food dengan biji-bijian. (baca juga : manfaat biji sawi)

Perawatan mandi, Jemur Dan Kemembersihkanan Kandang
Perawatan ini tak kalah penting, anda harus menjaga kemembersihkanan burung kenari dengan baik. Mandikan burung setiap harinya. Ini untuk menjaga burung dari benalu dan basil lainnya. Sehingga tidak praktis terjangkit penyakit dan terinfeksi tungau. Jika burung sakit, tentunya tidak dapat berkicau dengan baik. Sesudah dimandikan burung harus dijemur. Jemurlah pada pagi hari dan tidakboleh terlalu lama. Menjemurnya sebelum pukul 10,30 wib. Setiap hari sangkar juga harus dimembersihkankan terus menerus.
(baca juga:tips cara memandikan burung kenari)

Ada banyak tips merawat burung kenari lainnya yang dapat dilakukan. melaluiataubersamaini mempersembahkan komplemen tambahan, minum yang cukup, dan masih banyak lainnya. melaluiataubersamaini begitu burung kenari siap ikut lomba dengan baik.
tips merawat burung kenari akan memmenolong anda mendapat burung yang berilmu berkicau dan cantik.

Post a Comment for "Tips Merawat Burung Kenari Untuk Calon Juara Lomba"