Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Penanganan Burung Kacer Mbagong

Burung Kacer yang mbagong terlebih lampau harus dikenali apa penyebabnya, barulah kita sanggup menerapkan solusi yang sempurna semoga tidak salah perawatan (baca juga: cara ternak kacer).

Diantara beberapa penyebab yang membuat kacer menjadi mbagong adalah, disebabkan lantaran kondisi mental dari burung itu sendiri, kemudian, perawatannya yang tidak teratur atau salah, dan pemdiberian pakan tidak teratur juga sanggup mengakibatkan problem ini muncul.

 yang mbagong terlebih lampau harus dikenali apa penyebabnya Tips Penanganan Burung Kacer Mbagong

Kondisi Mental Burung
Pemdiberian beberapa kuliner yang mengandung protein tinggi sanggup mengakibatkan burung ini menjadi over dalam hal birahi. Namun, terlalu sedikit pemdiberian extra food (EF) juga sanggup mengakibatkan problem lantaran kurangnya nutrisi maupun vitamin yang diperlukan burung. Hal tersebut sanggup mengakibatkan mental burung menjadi jatuh dan malas untuk berkicau yang ujung-ujungnya juga sanggup mbagong (baca: cara melatih mental kacer).

A. Perawatan Harian Tidak Teratur
Setiap hari, dimulai dari pagi hari, kita biasanya secara rutin akan mengangin-anginkan burung tersebut kemudian memandikannya, menjemur dan mengangin-anginkan kembali sebelum diistirahatkan. Apabila terdapat perubahan waktu dan proses tersebut, ternyata juga sanggup besar lengan berkuasa sehingga burung menjadi mbagong.

Apabila anda merasa mempersembahkan perawatan yang tidak sama contohnya menjemur burung terlalu lama, lupa mempersembahkan EF dan lain-lain, sebaiknya anda ingat-ingat kembali. Apabila hal tersebut memang menjadi salah satu penyebabnya, kembalikan ke-setingan tiruanla semoga burung tidak sembuh dari mbagong-nya (baca: cara merawat kacer harian).

B. Pemdiberian Pakan
Kesehatan burung tentunya sangat bergantung dari pemdiberian pakan yang kita terapkan setiap hari. Mulai dari kuliner utama berupa voer berkarakter, kemudian kuliner ekstra yang terdiri dari banyak sekali binatang kecil atau serangga menyerupai jangkrik, ulat hongkong (UH), kroto, dan lain-lain harus terpenuhi dan dilarang bolong-bolong mempersembahkannya.

Apabila anda menemukan problem yang disebabkan oleh pemdiberian kuliner extra yang tidak teratur. Misalnya, apabila stok habis, mungkin saja sanggup mengakibatkan burung tersebut bermasalah (baca: makanan kacer terbaik).

Menangani Kacer Mbagong
Sesudah anda menemukan problem yang mengakibatkan mengapa Kacer mbagong, selanjutnya anda sanggup menerapkan solusi dari ketiga masukan diatas. Untuk lebih jelasnya, diberikut ialah beberapa alternatif solusi dalam menangani problem kacer mbagong.

1. Lingkungan Baru
Lingkungan gres menyerupai penggantian kawasan atau sangkar atau tangkenteng sanggup saja mengakibatkan burung ini bermasalah. Terlebih kalau burung sudah merasa nyaman dan terbiasa dengan sangkarnya yang lama.

Jika anda mengganti sangkar, sebaiknya anda menyertakan juga kawasan tangkenteng yang mirip-mirip dengan yang ada di sangkar lama. Kemudian, cobalah untuk membuat burung menyesuaikan diri kembali dengan lingkungan barunya.

2. Kelebihan Makanan Extra
Apabila selama ini anda merasa mempersembahkan jangkrik, atau kroto, dan lainnya dalam jumlah yang terlalu banyak setiap hari, baik pagi dan sore hari, cobalah mengurangi jumlahnya atau anda juga sanggup mempersembahkan kuliner ekstra di hari-hari tertentu saja (selang-seling).

3. Tidak Mandi Secara Rutin
Tidak sedikit dari kita yang sibuk setiap hari, tidak spesialuntuk mengurus burung. Namun, ternyata apabila kita sudah mempersembahkan sebuah setting-an harian, misalnya, mandi setiap pukul 07.30, dan pukul 15.30, kemudian kita melupakannya atau melewatkannya, sanggup saja itu ialah awal problem dan penyebab burung mbagong.

Untuk problem ini, tentu tidak susah menanganinya lantaran spesialuntuk membutuhkan pengembalian setting-an menyerupai biasanya. Mulai dari mengangin-anginkan burung, memandikan dan mempersembahkan extra food di jam yang sama menyerupai biasa.

4. Kondisi Kesehatan
Burung juga sanggup sakit lho, entah itu lantaran kandangnya yang jarang dimembersihkankan, atau memang sedang tertular penyakit tertentu. Apabila anda mengamati burung anda setiap hari mulai dari warna dan bentuk tahinya, perubahan-perubahan kecil pada sikapnya, tiruana harus anda perhatikan.
Apabila terdapat indikasi menyerupai diare atau mencret, terlebih lantaran anda mempersembahkan kuliner gres untuk burung tersebut, sanggup saja menyebabkannya drop dan stres. Apabila burung sakit lantaran pemdiberian kuliner baru, sebaiknya anda menghentikannya.

5. Kacer Stres
Faktor penyebab burung menjadi stres diantaranya adalah: bosan, terlalu sering dikerodong atau lantaran perubahan lingkungan yang tiba-tiba, dll.

Banyaknya penyebab stres pada burung, mulai dari, kawasan yang terlalu mencakupk dan menciptakannya susah diberistirahat, atau penanganan yang salah sanggup saja menjadi sumber masalah.

Jadi, pandai-pandailah dalam membaca situasi, mulai dari perubahan lingkungan, kondisi lingkungan apakah itu ramai atau berada di kawasan yang mencakupk, dll.

Solusi untuk problem burung stres, sebaiknya anda sering membuka kerodong burung apabila burung selama ini terlalu banyak dikerodong.

Jauhkan dari keramaian atau kawasan tempat yang mencakupk apabila anda sering menaruhnya di kawasan yang lingkungannya kurang berteman dekat.

Akibat jelek dari kacer yang stres ialah tidak mau suara (baca juga: cara mengatasi kacer macet bunyi).

Post a Comment for "Tips Penanganan Burung Kacer Mbagong"