Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Perawatan Burung Kacer Mabung Total

Bagi kacer mania, merawat burung kacer ialah hobi dan memang sangat sangat bahagia, meskipun sering kali menemui permasalahan pada kacer keakungannya. Salah satu hal yang mungkin membingungkan bagi kacer mania pemula ialah kacer dikala mabung, lantaran pada dikala itu bulu-bulunya pada rontok, sehingga sang pemilik pun resah untuk mengatasinya.

Sobat kacer mania harus tahu terlebih lampau gejala kacer mengalami masa mabung, sehingga untuk mengatasinya sanggup lebih gampang. Bagi kacer mania berpengalaman, hal ini sanggup dibilang sangatlah simpel untuk mengatasinya, maka dari itu kacer pemula butuh waktu, sehingga dengan prosesnya akan mendapat banyak hal yang berharga, terutama ilmu dan pengalaman.

 merawat burung kacer ialah hobi dan memang sangat sangat senang Tips Perawatan Burung Kacer Mabung Total

Bagi teman akrab yang belum tau ciri kacer mabung, maka sanggup anda simak isu selengkapnya diberikut ini:

Ciri Burung Kacer Mabung atau Ngurak
1. Apabila burung tampak tidak garang dan mempunyai tatapan mata sayu, maka itu sanggup menunjukan bahwa burung akan memasuki proses mabung atau pergantian bulu.
2. Bulu tampak kusam dan sudah tidak mengkilat lagi atau sudah sangat renta sehingga membutuhkan pergantian.
3. Pada dikala memasuki proses tersebut, burung juga biasanya enggan untuk berbunyi atau terlihat malas. Hal tersebut sanggup dikenali dari kebiasaannya.
4. Ciri-ciri lainnya adalah, bulunya akan berjatuhan satu sampai beberapa helai dalam 1 hari. Terlebih kalau bulu-bulu tersebut tampak sangat banyak yang berjatuhan, maka Anda harus segera memahaminya.

Merawat Kacer mabung tidak membutuhkan banyak perhatian melainkan Anda cukup mengetahui apa saja pantangannya dan apa saja yang boleh didiberikan pada dikala pergantian bulu tersebut.
Setiap orang mempunyai metodenya masing-masing dalam perawatan burung mabung. Namun, ada tips-tips umum yang harus dijalankan mengingat efek dari proses mabung tersebut sanggup menimbulkan burung menjadi macet apabila salah mempersembahkan perawatan.

Teknik Merawat Kacer Mabung
Mabung atau berganti bulu yang dalam istilah bahasa absurd disebut moulting ialah insiden yang niscaya dilalui oleh tiruana burung. Sama halnya dengan ular, mereka berganti bulu dengan yang lebih muda dan lebih bagus.

Berikut ialah cara merawat biar Kacer yang sedang mabung tetap sanggup enjoy dan pada dikala tamat mabung tidak terdapat dilema apapun.

A. Pantangan Saat Kacer Mabung

1. Tidak Boleh Dimandikan
Beberapa goresan pena yang kita temui di internet ada yang menyarankan untuk memandikan Kacer pada dikala mabung. Tulisan tersebut tidak sepenuhnya salah lantaran tiruana tergantung dari metode masing-masing. Hanya saja, perlu Anda ketahui bahwa apabila burung dimandikan secara rutin contohnya sehari sekali, maka proses mabung dari burung tersebut akan sedikit terganggu. Dan akibatnya, sudah sanggup ditebak. Burung terkadang kesusahan untuk merontokkan bulu-bulunya atau membutuhkan waktu yang lebih lama.
Memandikan burung yang tepat ialah setelah bulu-bulu jarumnya mulai muncul.

2. Jangan Memdiberikan Extra Food yang Banyak Mengandung Protein
Salah satu alasan mengapa burung berbunyi pada dikala mabung ialah lantaran mereka kelebihan extra food yang mengandung protein tinggi yang menimbulkan birahi burung meningkat. Terlalu banyak mempersembahkan kuliner extra food seperti, jangkrik, ulat hongkong, atau telur tiruant yang disebut kroto ialah penyebab mengapa birahi burung meningkat.

Memang benar pada dikala mabung burung harus didiberikan kuliner bergizi yang sanggup meningkatkan staminanya. Namun bukan kuliner yang terlalu banyak mengandung protein.

Beberapa tumpuan kuliner yang baik untuk burung mabung diantaranya ialah voer yang berkarakter dan mengandung beberapa mineral serta gizi. Kandungan yang harus ada diantaranya ialah lemak, protein karbohidrat, dan serat. Selain dari makanan, Anda juga perlu menambahkan vitamin serta mineral dari pelengkap (baca juga: makanan kacer).

Bahkan beberapa breeder menyarankan untuk menghentikan sama sekali pemdiberian kuliner tinggi protein menyerupai jangkrik, ulat hongkong, maupun kroto. (harus dipertimbangkan). Alasannya cukup sederhana, hal tersebut dimaksudkan untuk membuat burung menjadi drop sehingga burung spesialuntuk berserius pada proses mabung-nya saja.

3. Tidak Memmembersihkankan Kandang Sama Sekali
Banyak orang menyangka bahwa pada dikala mabung, burung dihentikan diganggu sama sekali sehingga tidak diangkat kerodongnya dan tidak dimembersihkankan sama sekali. Sebenarnya metode tersebut sanggup jadi menimbulkan burung sakit lantaran banyaknya kotoran serta gas yang ditimbulkan akhir kotoran tersebut.

Yang benar dalam perawatan kandang, terutama pada dikala burung mabung adalah, Anda harus secara rutin memmembersihkankan sangkar tersebut 2 kali dalam seminggu. Atau, yang lebih baik ialah mengkhususkan sangkar atau sangkar yang alasnya sanggup diganti dengan simpel tanpa harus mengangkat kerodong sehingga burung tidak merasa terganggu.

4. Jangan Menjemur Burung
Pantangan selanjutnya adalah, dihentikan menjemur burung atau, apabila Anda harus menjemurnya jemurlah spesialuntuk sesaat saja contohnya 15 menit atau 20 menit dan tidak lebih.
Membiarkan burung di daerah yang cuek ialah salah satu metode mempercepat perontokan bulu. Jadi, usahakan untuk menghindari proses penjemuran.

5. Full Krodong
Pada dikala mabung, banyak juga pemula yang menganggap bahwa burung harus dikerodong terus-menerus. Tanggapan tersebut bahwasanya salah, lantaran burung juga membutuhkan sirkulasi udara yang baik untuk untuk menjaga kesehatannya biar tetap prima.

Jadi, yang benar adalah, Anda sebagai pemilik burung yang sedang mabung harus setidaknya mempersembahkan keleluasaan dan membuka krodong sesekali untuk membiarkan angin masuk . Namun bukan pada malam hari di mana cuaca sangat dingin.

B. Yang Perlu Diperhatikan dikala Kacer Mabung

1. Tempatkan di Tempat yang Sunyi
Pada dikala Kacer mabung, mereka membutuhkan serius yang tinggi terutama lantaran rasa sakit dan akhir kehilangan bulu yang menimbulkan psikologinya sedikit terganggu.
Itulah sebabnya mengapa pada dikala burung mabung, dianjurkan meletakkan sangkarnya di daerah yang sunyi atau di daerah yang tenang. Jauhkanlah burung lain biar Burung Kacer yang sedang mabung tidak menimpali atau menanggapi kicauan burung lain.

2. Memperdengarkan Master
Pada dikala mabung, inilah dikala yang tepat untuk me-master burung. Karena gampangnya burung berserius serta memorinya akan lebih terbuka untuk suara-suara baru.
Memdiberikan variasi bunyi pada dikala burung mabung sangat baik dan perlu Anda perhatikan bahwa, tidak dianjurkan memutar audio dengan bunyi yang terlalu keras. Putar lagu audio sayup-sayup saja spesialuntuk sekedar memperdengarkannya.

3. Kurangi Gangguan Konstan
Yang saya maksud dengan gangguan konstan adalah, seperti, penggantian air, pemdiberian makanan, dan memmembersihkankan kandang. Penggantian-penggantian tersebut sebaiknya dilakukan tidak terlalu sering biar burung tetap berserius terhadap proses ngurak atau pergantian bulu. Misalnya dilakukan 2 kali dalam seminggu.

C. Pasca Mabung
Sesudah proses pergantian bulu selesai, Anda sudah mulai boleh memandikan burung tersebut. Anda sanggup mempersembahkannya shampo contohnya menggunakan Shampo Jati Fajar yang dimaksudkan untuk mengangkat sisa-sisa kotoran yang melekat di bulu burung tersebut secara sempurna.

Namun sedikit tidak sama dengan proses setingan harian di mana biasanya setelah mandi kita akan menjemur burung, disini, setelah mabung, dan setelah dimandikan burung tidak dijemur melainkan eksklusif dikerodong.

Burung kemudian didiberikan kuliner ekstra berupa jangkrik setidaknya 6 sampai 10 buntut.
Penjemuran dilakukan pada keesokan harinya selama 2 sampai 3 jam, setelah dimandikan mempersembahkan peluang terhadap burung tersebut melaksanakan penyesuaian kembali dengan perawatan rutin yang akan kita diberikan menyerupai biasa.

Sesudah burung mulai terlihat gacor atau rajin berbunyi, penjemuran diturunkan waktunya contohnya 1 atau 2 jam.

Sesudah burung mulai menyesuaikan diri dengan settingan sehari-hari, menyerupai sebelum burung mabung, maka kini burung sudah sanggup diperlakukan menyerupai biasanya. Mulai dari pagi hari memandikan dan menjemur serta mengangin-anginkannya.

Demikianlah ulasan total terkena perawatan kacer mabung yang sanggup kami share untuk teman akrab kacer mania kali ini, semoga ulasan ini sanggup menambah isu buat teman akrab tiruana. 

Simak info seputar kacer yang lain yang berjudul: cara merawat kacer bakalan.

Post a Comment for "Tips Perawatan Burung Kacer Mabung Total"