Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Jenis Tanaman Anggrek

ANGGREK AKAR
Jenis anggrek ini disebut anggrek akar alasannya yaitu akarnya lebih banyak terlihat dari pada bab lainnya dari flora ini. Terlihatnya akar dari flora ini menciptakan masyarakat juga kerap kali menyebutnya bunga anggrek. Nama ilmiahnya yaitu taeniophylum tjibodasanum.


sumber gambar : pixabay.com

Anggrek akar mempunyai tangkai bunga yang sangat pendek. Panjangnya hanya 2 cm. Anggrek ini unik alasannya yaitu tidak mempunyai daun. Akarnya berwarna hijau dan panjangnya sanggup mencapai 5 hingga 12cm. Akar-akarnya mempunyai fungsi untuk menghasilkan karbohidrat. Bunganya berwarna putih ke hijau-hijauan dan berukuran sangat kecil dengan mempunyai lebar hanya 2-5 cm. 

Anggrek akar yaitu flora epifit,tumbuh yang di dataran tinggi kawasan pegunungan dan sulit ditemukan. Anggrek akar pertama kali di temukan di CIbodas. Jenis ini biasanya juga ditemukan  di sumatera, dan malaysia.

Anggrek  ini mempunyai demam isu berbunga yang berlangsung antara bulan maret hingga juli. Bunga-bunganya hanya mekar  sehari  dan tidak bermetamorfosis buah. Petani bunga kurang suka menanamnya alasannya yaitu ukuran bunganya yang kecil. Sebaliknya, anggrek ini mempunyai daya tarik tersendiri,terutama bagi para ahli  botani, alasannya yaitu keunikan nya [terutama alasannya yaitu tidak mempunyai daun].

ANGGREK BULAN
Anggrek bulan mempunyai berwarna putih yang sangat populer di kalangan masyarakat pencinta bunga Indonesia. Anggrek ini masuk ke dalam suku orchidaceae. Pemerintah Indonesia telah mempromosikan anggrek ini sebagai bunga Indonesia.jenis ini yaitu orisinil flora Indonesia, nama ilmiahnya yaitu phlaenopsis amabilis.

Anggrek ini tumbuh alami di hutan-hutan atau tergantung di pepohonan. Habitatnya yaitu di bawah bayangan dedaunan pohon-pohon pada ketinggian 45 hingga 600 m di atas permukaan laut. Kadang-kadang flora ini di temukan di sepanjang fatwa sungai.

Anggrek bulan mempunyai batang yang pendek. Daunnya mempunyai 2 hingga 4 lembar yang  tebal, yang jaraknya saling berdekatan.  Bentuknya oval dan berwarna hijau dengan ujungnya yang tumpul. Tangkai bunga panjangnya sekitar  1 meter dan terdiri dari 25 helai bunga. Ukuran bunganya sekitar 6 hingga 12 cm, dan warna daun bunganya putih. Bibirnya kecil, berbentuk segitiga , dan mempunyai dua filament berwarna merah dan kuning di dalamnya.

Tanaman ini berbunga sepanjang tahun dan mekar selama duahingga empat ahad . buah nya mempunyai biji-biji yang kecil. Tanaman ini sanggup di budidayakan  melalui biji dan cangkok. Anggrek bulan yaitu anggrek yang sering dipakai sebagai flora hias dan juga bagi kawin silang dengan jenis lain.


ANGGREK BULAN RAKSASA
Anggrek bulan raksasa mempunyai bunga yang indah dan besar. Tangkai bunganya yang panjang sangat di kagumi oleh pencipta flora hias. Anggrek ini berasal dari hutan kalimantan . Anggrek ini masuk dalam suhu orchidaceae. Nama ilmiah nya yaitu phlaenopsis  gigantea.

Anggrek epifit ini mempunyai tiga hingga dengan enam lembar daun berdaging tebal berwarna hijau. Daunnya yang besar mempunyai panjang sekitar 20 hingga 50 cm dan derdiameter 15 cm. Ujung bilah daunnya tumpul dengan panjang tagkai bunga sekitar satu meter. Bunga-bunga terdapat diantara tangkainya yang panjang terdiri dari 6 hingga 30 lembar bunga dengan kelopak bunga yang panjang 30 cm.

Ukuran bunganya sendiri yaitu lima cm.Warna bunga yaitu putih atau kuning di ujunngya dan di penuhi dengan bintik –bintik coklat atau unggu. Bibirnya kecil dan wangi. Bunga ini sanggup mekar selama satu hingga tiga ahad .

Di habitat aslinya , anggrek ini tumbuh menggantung  di batang pohon , dibawah bayangan daun –daunan . lokasi terbaik untuk menanam anggrek ini yaitu kawasan dengan ketinggian sekitar 1000 m di atas permukaan maritim .

Anggrek bulan raksasa biasanya di pakai sebagai flora hias. Karena keindahan bunganya yang besar, para petani bunga sering mengawin silangkannya.








Post a Comment for "Jenis Jenis Tanaman Anggrek"