Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mencegah Dan Mengobati Kista Bulu Pada Burung Kenari

Semua penghobi burung kenari niscaya menginginkan biar kenari keakungannya selalu sehat dan tampil prima, namun tentu murung bila kenari yang dimiliki didapati terkena penyakit kista bulu atau yang disebut dengan istilah feather cysts. Kista ini biasanya berada di kulit burung, dan terlihat menyerupai benjolan-benjolan.

Pada umumnya, tidak spesialuntuk burung kenari saja yang sering kali terkena kista bulu, tiruana burung kicau juga rentan terkena penyakit ini. Oleh sebab itu, tips yang akan kami share ini sanggup juga mempunyai kegunaan bagi burung kicau lainnya. Benjolan kista bulu ini awalnya sanggup terjadi sebab pada ketika bulu-bulu akan tumbuh, tetapi tidak sanggup keluar dari pori-pori kulitnya. Hal inilah yang menimbulkan tunas bulu kenari menumpuk dalam benjolan itu, sehingga benjolan semakin usang semakin membesar.

Semua penghobi burung kenari niscaya menginginkan biar kenari keakungannya selalu sehat dan Teknik Mencegah Dan Mengobati Kista Bulu Pada Burung Kenari

Ada beberapa penyebab utama burung kenari terkena penyakit kista bulu, diantaranya yakni sebagai diberikut:
  1. Malnutrisi atau belum sempurnanya vitamin dan mineral.
  2. Bisa jadi sebab keturunan dari induknya.
  3. Infeksi dari bakteri, virus, parasit, dan lain sebagainya.
  4. Benturan yang keras sanggup mengakibatkan bulu mendorong ke dalam, sehingga terjadi gangguan pada folikel bulu.
Bila kista bulu pada kenari ini tidak segera diatasi, maka sanggup mengakibatkan rasa sakit luar biasa pada kenari, bahkan sanggup juga mengakibatkan kenari stres dan macet bunyi. 

Adapun tips mengatasi kista kenari, sanggup anda simak diberikut ini:
  1. Yang pertama yakni mencukil benjolan kista yang menonjol keluar dari kulitnya, ini cukup simpel dilakukan sebab spesialuntuk memencetnya dengan tangan sudah sanggup keluar. Sesudah dicukil, darahnya akan keluar, nah ini sanggup pribadi didiberikan obat merah.
  2. Yang kedua yakni dengan cara membedah benjolan kista yang tumbuh di bawah kulit dengan memakai alat, seperti: silet/pisau, penjepit, handuk kecil, dan obat merah. Iris potongan yang kering dengan silet/pisau, kemudian mendorong benjolan biar keluar dengan tangan. Selanjutnya ambil dengan penjepit, bila darahnya sudah keluar, maka sanggup dibasuh dengan handuk dan tetesi obat merah.
  3. Berikan mutivitamin embel-embel untuk memulihkan dan sebagai zat untuk memperkuat daya tahan tubuhnya. Vitamin yang terbaik yang sanggup anda diberikan adalah: OrBird.
Beberapa hari kemudian, coba dicek lagi apakah masih muncul benjolan lagi, atau tidak. Kalau muncul lagi sanggup dilakukan ulang metode di atas. Jika jangka waktu usang masih terus muncul, maka lebih amannya, sanggup anda bawa ke dokter.

Adapun tips mencegah burung kenari biar tidak terkena kista, silahkan simak poin-poin nya diberikut:
  1. Berikan pakan yang kaya akan mineral dan vitamin (baca: vitamin untuk kenari).
  2. Berikan minuman yang membersihkan, bila perlu air matang ataupun air galon Aqua.
  3. Selalu menjaga kemembersihkanan sangkar kenari (baca: cara memmembersihkankan sangkar kenari).
Itulah tadi klarifikasi dari kami terkena tips merawat kenari yang menderikat penyakit kista bulu, mulai dari penyebab, cara mengobati, sampai pencegahannya. Bagi teman bersahabat yang kenari keakungannya menderita kista bulu, maka sanggup ikuti tips-tips diatas untuk mengatasinya. Sebenarnya penyakit sering diderita burung kenari tidak spesialuntuk kista bulu saja, masih banyak penyakit lainnya (baca: penyakit kenari).

Jangan lewatkan juga artikel sebelumnya yang mengulas seputar bisnis kenari. dan suara kenari.

Post a Comment for "Cara Mencegah Dan Mengobati Kista Bulu Pada Burung Kenari"